Harga Minyak Naik Terdukung Pembukaan Ekonomi AS dan Eropa

422

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Selasa (18/05), memperpanjang kenaikan dari hari sebelumnya, karena optimisme atas pembukaan kembali ekonomi AS dan Eropa melebihi kekhawatiran permintaan bahan bakar yang lebih lambat di Asia karena melonjaknya kasus COVID-19 dan gelombang baru pembatasan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 31 sen, atau 0,47%, menjadi $ 66,58 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 42 sen, atau 0,6% menjadi $ 69,88 per barel.

Kedua kontrak tersebut naik lebih dari 1% pada hari Senin.

Ekonomi Inggris dibuka kembali, memberi 65 juta orang kebebasan setelah empat bulan penguncian COVID-19. Dan dengan percepatan tingkat vaksinasi, Prancis dan Spanyol telah melonggarkan pembatasan, dan Portugal serta Belanda telah membuka perjalanan.

Di Amerika Serikat, negara bagian New York tidak lagi memerlukan masker di sebagian besar ruang publik untuk orang yang divaksinasi penuh terhadap COVID-19 mulai Rabu, dan wilayah lain juga membuka ekonomi mereka.

Sebaliknya di Asia, Singapura melaporkan jumlah infeksi lokal tertinggi dalam beberapa bulan dan Taiwan mengalami lonjakan kasus, dan kedua negara telah menerapkan kembali tindakan penguncian.

Di India, yang terpukul paling parah kedua oleh pandemi, penjualan domestik bensin dan solar oleh penyuling negara jatuh seperlima pada paruh pertama Mei dari bulan sebelumnya karena penguncian pandemi melanda aktivitas industri dan konsumsi, data awal menunjukkan pada hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak naik terdukung pembukaan kembali ekonomi Eropa dan AS. Pelemahan Dolar AS juga mendukung kenaikan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 67,03-$ 67,55. Namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 66,26-$ 66,07.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here