Rekomendasi EUR/USD 18 Mei 2021: Berpotensi Naik?

1336

(Vibiznews – Forex) EUR/USD naik ke sekitar 1.2150 dengan turunnya yields Treasury AS dan membebani dollar AS. Sebelumnya, dollar AS telah mendapatkan keuntungan dari arus safe-haven setelah Cina melaporkan data makro ekonominya yang mengecewakan.

Matauang Bersama Eropa memiliki banyak alasan untuk naik.

Penyebab dari kenaikan dollar AS adalah ketakutan akan naiknya inflasi AS yang bisa memaksa Federal Reserve AS untuk mengurangi skema pembelian obligasi dan nantinya menaikkan tingkat bunga. Ketakutan akan naiknya inflasi disebabkan oleh lompatnya Consumer Price Index (CPI) AS di bulan April dan juga Consumer Sentiment Index dari Universitas Michigan untuk bulan Mei. Namun, Cina melaporkan kenaikan dalam penjualan ritel bulan April hanya 17.7% dibandingkan dengan yang diperkirakan sebesar 25%. Tidak ada “supercycle” komoditi tanpa Cina. Hal ini membuat the Fed akan semakin berani terus bersikap dovish yang akan menekan dollar AS turun.

Benua Eropa telah mempercepat kampanye vaksinnya dan sudah mencapai sepertiga dari populasinya dengan paling tidak satu kali suntikan. Kampanye vaksin ini telah menghasilkan buah dengan turunnya infeksi secara tajam. Hal ini mengijinkan negara-negara Eropa untuk membuka kembali kegiatan ekonominya dan pengunjung berdatangan dari luarnegeri sehingga bisa membangkitkan kembali industri turisme yang terpukul sebelumnya karena pandemic Covid-19.

“Support” terdekat menunggu di 1.2125 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2110 dan kemudian 1.2075.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2150 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2180 dan kemudian 1.2240.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here