Rekomendasi Emas 19 Mei 2021: Turun di Tengah Turunnya USD

1714

(Vibiznews – Commodity) Harga emas sempat naik dan menyentuh ketinggian 3,5 bulan pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa. Metal berharga ini naik didorong oleh jatuhnya indeks dollar AS dan sempat naiknya harga minyak mentah. Keuntungan yang diperoleh metal berharga ini datang pada saat pasar cryptocurrencies sedang berada pada tekanan jual yang hebat. Grafik tehnikal yang bullish bagi emas juga mengundang para spekulator masuk ke posisi beli emas. Namun kenaikan harga emas tidak dapat bertahan dengan berbalik turunnya harga minyak mentah. Emas berjangka kontrak bulan Juni turun $1.30 ke $1,866.30 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Juli naik $0.416 ke $28.69 per ons.

Pasar saham global kebanyakan menguat pada perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Minat terhadap resiko dari para trader dan investor telah membaik pada hari Selasa. Pada saat sekarang ini paling tidak, pasar masih belum menaruh banyak perhatian terhadap eskalasi pertempuran yang terjadi antara Israel dan Hamas yang terburuk yang pernah terjadi sejak tahun 2014. Debat mengenai inflasi tetap menjadi topik terdepan yang dibicarakan di pasar. Sejarah menunjukkan bahwa naiknya inflasi cenderung menguntungkan assets keras seperti metal berharga.

“Support” terdekat menunggu di $1,861 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,850 dan kemudian $1,808. “Resistance” terdekat menunggu di $1,881 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,900 dan kemudian $1,918.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here