Harapan Untuk Industri Digital di Indonesia

260
Sumber: Kemenkeu

(Vibiznews – Economy & Business) – Untuk mendukung cita-cita Indonesia menjadi negara yang terbebas dari jebakan kelas menengah di tahun 2045, Pemerintah, melalui Kemenko Perekonomian berharap, perusahaan yang bergerak di bidang digital dapat terus membantu pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dikutip dari situs Kemenko Perekonomian mengatakan: “Target Indonesia di 2045 salah satunya adalah lolos dari middle income trap dengan rata-rata PDB harus di atas US$10 ribu.”

Ia berharap industri digital dapat melakukan antara lain mendorong peningkatan akses ke teknologi digital. Kedua, mengembangkan keterampilan/literasi digital dan meningkatkan ketersediaan talenta digital. Ketiga, memfasilitasi peningkatan kualitas layanan digital, dan keempat, memperluas kesempatan para pekerja informal dalam meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu juga meningkatkan inklusi finansial dan sistem pembayaran digital.

Hal ini tentunya sejalan dengan pengembangan kompetensi SDM digital yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dengan meluncurkan Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital”. Gerakan ini diharapkan dapat mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here