Imbal Hasil Treasury AS Naik Terdorong Optimisme Data Ekonomi

234

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS naik pada hari Selasa (01/06), karena investor mencerna data inflasi minggu lalu dan menantikan laporan pekerjaan yang sangat penting pada hari Jumat.

Imbal hasil Treasury 10-tahun naik hingga 1,632% sesaat sebelum 10:45 pagi ET, sementara imbal hasil Treasury 30-tahun naik menjadi 2,319%. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga.

Inflasi bahkan lebih menjadi fokus sejak rilis indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti April pekan lalu, ukuran utama inflasi, yang naik 3,1%, lebih tinggi dari yang diperkirakan. Emas, yang sering digunakan sebagai lindung nilai inflasi, masih bertahan di atas level kunci $1.900.

Laporan manufaktur ISM untuk Mei secara kasar sejalan dengan ekspektasi, menunjukkan pertumbuhan kuat yang berkelanjutan, kenaikan biaya komoditas dan harga yang lebih tinggi. Namun, kenaikan harga sedikit melambat dari bulan sebelumnya.

Laporan itu juga mengatakan perusahaan melaporkan bahwa masalah pasar tenaga kerja dapat membatasi potensi pertumbuhan di masa depan.

Berikutnya investor juga mengamati laporan pekerjaan hari Jumat. Ekonom memperkirakan data menunjukkan penciptaan sekitar 674.000 pekerjaan di bulan Mei, setelah pembacaan April berada di bawah ekspektasi di 266.000.

Pada hari Selasa, Gubernur Federal Reserve Lael Brainard akan menyampaikan pidato tentang prospek kebijakan ekonomi dan moneter dalam webinar untuk Economic Club of New York pada pukul 2 siang ET. Wakil Ketua Fed Randal Quarles juga akan berbicara di acara virtual untuk Politico tentang ekonomi dan regulasi keuangan, pada pukul 10 pagi ET.

Negosiasi di Washington mengenai paket pengeluaran infrastruktur tetap menjadi fokus, karena Demokrat membahas rencana untuk melakukannya sendiri dengan paket pengeluaran besar-besaran setelah Senat Republik memberikan tawaran balasan $ 928 miliar kepada pemerintah AS pada hari Kamis, jauh di bawah usul $ 1,7 triliun terbaru Gedung Putih.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury AS bergerak naik seiring optimisme data tenaga kerja AS dimana data Non Farm Payrolls AS yang akan dirilis hari Jumat diindikasikan meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here