Bursa Eropa Naik Terbantu Peningkatan Data Ekonomi

339
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa positif pada hari Rabu (02/06), terbantu peningkatan data ekonomi, sambil memantau rilis data ekonomi utama selanjutnya.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,16% di atas garis datar pada sore hari. Sektor makanan dan minuman naik 0,8% sementara saham media turun 0,6%.

Indeks FTSE naik 0,2%. Indeks DAX naik 0,1%. Indeks CAC menguat 0,3%.

Perdagangan hati-hati untuk pasar Eropa melanjutkan tren yang terlihat di tempat lain menyusul aksi yang diredam di Amerika Serikat pada hari pertama Juni, meskipun ada beberapa kenaikan selama sesi tersebut, terutama di saham yang terkait dengan pembukaan kembali. Perusahaan penerbangan dan operator kapal pesiar melihat saham mereka melonjak karena kasus Covid di AS terus menurun. Indeks saham berjangka AS sedikit berubah selama perdagangan premarket pada hari Rabu.

Saham di Asia-Pasifik beragam dalam perdagangan Rabu, dengan data resmi menunjukkan pertumbuhan ekonomi Australia yang lebih tinggi dari perkiraan untuk kuartal pertama.

Kekhawatiran inflasi, dan cara Federal Reserve mungkin merespons, telah membebani sentimen baru-baru ini, meskipun rata-rata indeks utama masih melayang di sekitar tertinggi sepanjang masa.

Investor di AS dan Eropa menantikan data pekerjaan utama AS akhir pekan ini dan pertemuan Fed dan Bank Sentral Eropa yang akan datang.

Pasar mendapat dorongan pada hari Selasa oleh data aktivitas manufaktur yang kuat dari Inggris dan zona euro, sementara kekhawatiran atas inflasi terus meredam optimisme.

Harga produsen zona euro naik lebih dari yang diharapkan pada bulan April di belakang lonjakan harga energi, kantor statistik Uni Eropa mengungkapkan Rabu. Harga pabrik di seluruh blok naik 1% bulan ke bulan dan 7,6% per tahun, sedikit melebihi ekspektasi ekonom.

Pembuatan kesepakatan adalah pendorong utama aksi harga saham individu pada hari Rabu. Interpump Group Italia naik 6,6% untuk memimpin Stoxx 600 setelah setuju untuk membeli White Drive Motors and Steering seharga 230 juta euro ($280,72 juta), sementara perusahaan farmasi Jerman MorphoSys anjlok lebih dari 10% setelah mengumumkan akuisisi spesialis kanker AS Constellation Pharmaceuticals untuk $1,7 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik mencermati peningkatan ekonomi di Eropa dan AS. Optimisme data ekonomi dan tenaga kerja AS juga menjadi pendorong bagi penguatan bursa global, termasuk bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here