Optimisme Data Ekonomi dan Tenaga Kerja AS – Market Mover 2 June 2021 by Asido Situmorang

264

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global pekan ini akan mencermati data ekonomi AS yang diindikasikan membaik. Setelah pada hari Selasa kemarin data manufaktur AS bulan Mei meningkat, baik yang dirilis Markit maupun ISM, maka beberapa data ekonomi penting AS juga diindikasikan positif.

Pada hari Kamis akan dirilis data pertumbuhan jasa dan bisnis AS, dan indikasi dari Markit Services maupun Markit Composite, juga dari data ISM Non Manufacturing, semuanya terindikasikan meningkat. Pada hari Kamis juga akan dirilis data klaim pengangguran mingguan AS yang diindikasikan menurun.

Sedangkan data yang penting dan menjadi fokus utama adalah pada hari Jumat akan dirilis data Non Farm Payrolls bulan Mei AS yang diindasikan terjadi peningkatan. Juga data Unemployment Rate bulan Mei diindikasikan menurun.

Bagaimanakah pengaruh data ekonomi dan tenaga kerja AS ini bagi pasar global?

Dari pasar Forex, dolar AS naik seiring peningkatan data manufaktur AS, namun indeks dolar AS masih berada pada posisi dibawah 90. Jika data ekonomi dan tenaga kerja membaik, maka akan menguatkan imbal hasil Treasury AS yang mendorong kenaikan dolar AS.

Dari pasar Indeks, optimisme peningkatan data ekonomi dan tenaga kerja AS diperkirakan mendorong kenaikan bursa Wall Street, dan ini akan memberikan dukungan bagi kenaikan bursa global seperti bursa Eropa dan Asia.

Dari pasar komoditas, harga emas diperkirakan melemah seiring penguatan dolar AS dan imbal hasil Treasury AS dan peningkatan data ekonomi AS. Sedangkan harga minyak diperkirakan naik dengan meningkatnya permintaan di AS dan turunnya pasokan minyak mentah mingguan AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here