Non Farm Payrolls AS Meningkat Bulan Mei

592

(Vibiznews – Economy & Business) Pengusaha A.S. meningkatkan perekrutan pada bulan Mei dan menaikkan upah karena mereka bersaing untuk mendapatkan pekerja.

Laporan ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja yang diawasi ketat pada hari Jumat (04/06) menawarkan beberapa jaminan bahwa pemulihan ekonomi dari resesi pandemi berada di jalurnya setelah kekurangan pekerja juga disalahkan pada kekhawatiran yang berlama-lama atas COVID-19 yang secara tajam menahan pertumbuhan lapangan kerja pada bulan April.

Nonfarm payrolls meningkat 559.000 pekerjaan bulan lalu. Data untuk April direvisi sedikit naik untuk menunjukkan naik 278.000 pekerjaan, bukan 266.000 seperti yang dilaporkan sebelumnya.

Itu membuat lapangan kerja sekitar 7,6 juta pekerjaan di bawah puncaknya pada Februari 2020. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 650.000 pekerjaan diciptakan pada Mei.

Setidaknya setengah dari populasi Amerika telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Itu telah memungkinkan pihak berwenang di seluruh negeri untuk mencabut pembatasan terkait virus pada bisnis, yang hampir melumpuhkan ekonomi di awal pandemi.

Tetapi pembukaan kembali ekonomi membebani rantai pasokan. Jutaan pekerja, kebanyakan perempuan, tetap tinggal di rumah karena sebagian besar distrik sekolah belum beralih ke pembelajaran tatap muka penuh waktu. Meskipun vaksin dapat diakses secara luas, beberapa segmen populasi enggan disuntik, yang menurut pakar pasar tenaga kerja membuat beberapa orang enggan kembali bekerja.

Negara-negara bagian ini menyumbang lebih dari 40% tenaga kerja. Manfaat yang diperluas akan berakhir pada awal September di seluruh negeri. Itu, bersama dengan lebih banyak orang yang divaksinasi dan sekolah dibuka kembali sepenuhnya pada musim gugur, diharapkan dapat mengurangi kelangkaan pekerja pada bulan September.

Dengan rekor 8,1 juta pekerjaan yang harus diisi, pengusaha menaikkan upah. Penghasilan per jam rata-rata meningkat 0,5% solid setelah melonjak 0,7% pada bulan April. Itu menaikkan kenaikan upah tahun-ke-tahun menjadi 2,0% dari 0,4% di bulan April.

Peningkatan perekrutan bulan lalu dipimpin oleh industri rekreasi dan perhotelan, yang menambahkan 292.000 pekerjaan, dengan restoran dan bar menyumbang 186.000 dari posisi tersebut. Pekerjaan pendidikan pemerintah daerah meningkat 53.000 pekerjaan, yang mencerminkan dimulainya kembali pembelajaran tatap muka dan kegiatan terkait sekolah lainnya di beberapa bagian negara.

Penggajian manufaktur meningkat 23.000 pekerjaan. Tapi pekerjaan konstruksi menurun 20.000 pekerjaan.

Tingkat pengangguran turun menjadi 5,8% dari 6,1% pada April.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here