Dana Masuk dan Optimisme Pemulihan Ekonomi — Domestic Market Outlook, 7-11 June 2021 by Alfred Pakasi

365

(Vibiznews – Editor’s Note) – Pasar investasi domestik pada minggu lalu diwarnai dengan sejumlah isyu, di antaranya:

  • Optimisme investor bertambah terhadap prospek pemulihan ekonomi pada kuartal II-2021.
  • Capital inflow kembali berlanjut di pasar keuangan dalam negeri, sekitar Rp14,7 triliun menurut data BI.

Untuk korban virus di Indonesia, berita resmi terakhirnya, sudah sekitar 1,844 ribu orang terinfeksi, 1,697 ribu sembuh dengan tingkat kesembuhan tinggi 92.08%, dan 51 ribu lebih orang meninggal.

Minggu berikutnya, isyu antara perkembangan pandemi virus corona, prospek pemulihan ekonomi dalam dan luar negeri akan kembali mewarnai pergerakan pasar. Seperti apa dinamika pasar hari-hari ini? Berikut detail dari Vibiznews Domestic Market Review and Outlook 7-11 June 2021.

===

Minggu lalu IHSG di pasar modal Indonesia terpantau menguat di minggu keduanya dan sempat melejit ke level 6,5 minggu tertingginya oleh optimisme pemulihan ekonomi domestik, walau di hari terakhirnya terkoreksi profit taking. Sementara itu, bursa kawasan Asia umumnya mixed. Secara mingguan IHSG ditutup menguat tajam 3.70%, atau 216.551 poin, ke level 6,065.167. Untuk minggu berikutnya (7-11 Juni 2021), IHSG kemungkinan akan menguat terbatas ditahan profit taking pendek, dengan tetap mengacu kepada fundamental bursa kawasan. Secara mingguan, IHSG berada antara resistance di level 6.115 dan 6.240. Sedangkan bila menemui tekanan jual di level ini, support ke level 5.833, dan bila tembus ke level 5.742.

Mata uang rupiah terhadap dollar AS pekan lalu terkoreksi dari 2 minggu terkuatnya oleh isyu risiko tapering, sementara dollar global menguat terbatas, sehingga rupiah secara mingguannya berakhir melemah 0.15% ke level Rp 14,301. Rupiah berada di sekitar 1,5 minggu terkuatnya. Kurs USD/IDR pada minggu mendatang diperkirakan akan dalam rentang terbatas, atau kemungkinan rupiah agak berkonsolidasi, dalam range antara resistance di level Rp14,405 dan Rp14,508, sementara support di level Rp14.215 dan Rp14.140.

Harga obligasi rupiah Pemerintah Indonesia jangka panjang 10 tahun terpantau fluktuatif dan turun secara mingguannya, terlihat dari pergerakan naik yields obligasi dan berakhir ke 6,440% pada akhir pekan. Ini terjadi di tengah aksi beli investor asing di SBN. Sementara yields US Treasury cenderung turun pada minggu terakhir ini.

===

Bank Indonesia terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran Indonesia untuk memperkuat upaya pemulihan ekonomi nasional lebih lanjut melalui berbagai langkah kebijakan, antara lain sebagai berikut:

  • Melanjutkan kebijakan nilai tukar Rupiah untuk menjaga stabilitas nilai tukar yang sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar;
  • Melanjutkan penguatan strategi operasi moneter untuk memperkuat efektivitas stance kebijakan moneter akomodatif;
  • Melanjutkan kebijakan transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan dengan penekanan pada komponen-komponen SBDK (cost of fund, overhead cost, dan profit margin) dan masih lambatnya penurunan suku bunga kredit baru.

BI merilis, pada minggu 31 Mei – 3 Juni 2021, nonresiden di pasar keuangan domestik beli neto Rp14,68 triliun terdiri dari beli neto di pasar SBN sebesar Rp12,27 triliun, dan beli neto di pasar saham sebesar Rp2,41 triliun.

Perbaikan sejumlah indikator ekonomi menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia sedang bergerak ke arah pemulihannya di tahun 2021 ini.

===

Ada sejumlah indikator data ekonomi kerap menjadi penggerak pasar, sementara sebagian data ekonomi lainnya sepertinya tidak berdampak terhadap harga di pasar investasi. Kadang seorang investor individual terkecoh dengan pilihan dan analisis fundamental data ekonomi. Hal itu dapat dimengerti kalau tidak mempelajari situasi pasar sebelumnya.  Demikianlah, fluktuasi pasar dan data perlu dipelajari hubungan dan kaitannya. Kalau Anda mengalami kesulitan mempelajari dan melihat contohnya, lihat saja Vibiznews.com. Sejumlah data lengkap dengan analisis seketikanya langsung tersaji tiap kali rilis berita ekonomi penting diumumkan. Itu akan memberikan gambaran arah pasar selanjutnya. Begitulah, kami ada hanya untuk sukses investasi Anda, pembaca setia Vibiznews!

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here