Bursa Eropa Datar Menantikan Rilis Data PDB dan Inflasi

421
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi pada Selasa (08/06) menjelang rilis data pertumbuhan ekonomi zona euro dan data ketenagakerjaan untuk kuartal pertama, namun ada juga kekhawatiran atas kenaikan inflasi.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa datar, naik tipis 0,02% dengan sebagian besar sektor di wilayah positif selain Minyak dan Gas, Kimia, Industri, Sumber Daya Dasar, dan Otomotif.

Investor di Eropa pada hari Selasa akan mengawasi rilis data termasuk revisi produk domestik bruto (PDB) zona euro dan angka ketenagakerjaan untuk kuartal pertama.

Baik indeks FTSE, indeks DAX dan indeks CAC juga flat.

Secara global, investor di seluruh dunia tetap fokus pada rilis data inflasi utama AS pada hari Kamis. Pada bulan April, Indeks Harga Konsumen (CPI) naik 4,2% dari tahun sebelumnya, kenaikan tercepat sejak 2008. Para ekonom memperkirakan CPI telah meningkat 4,7% pada Mei dari tahun sebelumnya, menurut Dow Jones.

Jika data Kamis menunjukkan harga terus naik di bulan Mei, para pedagang khawatir hal itu dapat menyebabkan Federal Reserve mundur dari kebijakannya yang longgar.

Saham di Asia-Pasifik beragam pada hari Selasa karena investor bereaksi terhadap rilis angka PDB kuartal pertama Jepang yang direvisi yang menunjukkan ekonomi Jepang menyusut 3,9% pada kuartal pertama, peningkatan dari perkiraan awal kontraksi 5,1%. Produk domestik bruto yang direvisi dibandingkan dengan perkiraan median ekonom dalam jajak pendapat Reuters untuk kontraksi 4,8%.

Rilis data lain di Eropa Selasa termasuk survei ZEW Jerman tentang sentimen ekonomi untuk Juni, produksi industri Jerman untuk April dan data penjualan ritel Inggris untuk Mei.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak datar menantikan rilis data pertumbuhan ekonomi zona euro dan data ketenagakerjaan. Juga dengan munculnya kekhawatiran peningkatan inflasi AS, membuat munculnya kehati-hatian pasar Eropa, sehingga pelaku pasar mengambil posisi menunggu atau “wait and see”. Namun jika data PDB Q1 zona Eropa lebih baik, dapat memberikan dukungan positif bagi bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here