Akankah Inflasi AS Terus Meningkat? – Market Mover 10 June 2021 by Asido Situmorang

213

(Vibiznews – Market Mover) Pasar Perdagangan global akan menantikan rilis data inflasi AS. Indeks harga konsumen (CPI) AS untuk bulan Mei akan dirilis Kamis malam. Ekonom yang disurvey memperkirakan CPI bulan Mei naik 0,4%, dan secara tahunan naik 4,7% dari tahun sebelumnya. Pada bulan April, CPI meningkat 4,2% secara tahunan, sebagai kenaikan tercepat sejak 2008.

Itu telah memicu opini bahwa harga yang lebih tinggi dapat bertahan lebih lama dari yang diperkirakan Federal Reserve yang menyatakan bahwa tekanan inflasi saat ini bersifat sementara dan stimulus moneter harus tetap berlaku untuk beberapa waktu.

Jika inflasi terealisir terus meningkat akan memicu perkiraan The Fed akan melakukan kebijakan menaikkan suku bunga.

Bagaimanakah pengaruh hasil rilis data inflasi AS bagi pergerakan pasar global?

Dari pasar Forex, jika data inflasi AS terealisir meningkat akan menguatkan dolar AS, karena memicu perkiraan The Fed akan menaikkan suku bunga AS. Sementara kebijakan suku bunga Euro diperkirakan tidak berubah, dapat membuat euro tenang. Penguatan dolar AS akan menekan mata uang saingannya.

Dari pasar Index, kenaikan data inflasi memicu kekhawatiran The Fed menaikkan suku bunga, yang membuat biaya pinjaman dapat meningkat dan mempengaruhi perkiraan laba perusahaan dan ini dapat membuat pasar saham tertekan. Bursa AS, Eropa dan Asia masih hati-hati mencermati perkembangan data inflasi AS, yang jika terealisir naik dapat menekan pasar saham.

Dari pasar Komoditas, harga emas tertekan jika data inflasi AS terealisir naik, karena peningkatan inflasi dapat menguatkan dolar AS dan imbal hasil Treasury AS. Sedangkan harga minyak turun seiring meningkatnya pasokan bensin yang yang menunjukkan permintaan bahan bakar yang lebih lemah dari perkiraan pada awal musim panas, musim puncak AS untuk mengemudi. Penguatan dolar AS juga dapat menekan harga minyak.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here