Hang Seng 11 Juni Rebound; Tertinggi Sepekan dari Pelemahan 7 Sesi Berturut

280
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong menutup perdagangan pekan ini dengan cetak gain yang moderat pada  hari Jumat (11/6/2021) setelah 7 sesi berturut melemah.  Indeks Hang Seng rebound dari posisi terendah 2 pekan dan mendaki ke posisi terendah sepekan, mengikuti sentimen positif perdagangan bursa saham Asia lainnya.

Sentimen investor terangkat merespon kenaikan data inflasi AS semalam yang meredakan kekhawatiran  The Fed mengubah kebijakan moneter longgarnya. Namun secara mingguan, Hang Seng mencatat penurunan mingguan kedua berturut-turut dengan pekan ini anjlok 0,32%.

Dari laporan ekonomi hari ini, data pinjaman bank baru China secara tak terduga naik di bulan Mei dari bulan sebelumnya tetapi pertumbuhan kredit  terus melambat, karena bank sentral berusaha menahan meningkatnya utang di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Indeks harian Hang Seng ditutup naik 103,25 poin atau 0,36% level lebih tinggi  menjadi 28.842.13. Demikian untuk indeks saham Cina Enterprise (HSCE) dengan 60 saham unggulan berakhir naik 0,32% menjadi 10.750,95. Untuk indeks Hang Seng berjangka bulan April 2021  bergerak positif dengan naik 198 poin atau 0,69%  ke posisi 28608.

Secara sektoral, mayoritas saham menguat dengan sektor energi dan material memimpin dengan kenaikan 2% dan 1,93% masing-masing. Saham yang paling tinggi kenaikannya seperti saham  Xinyi Solar Holdings Ltd, yang melonjak 6,81%, sedangkan saham yang cetak pelemahan terbesar adalah saham Sino Biopharmaceutical Ltd, yang turun 2,01%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here