Nikkei 15 Juni Tertinggi 1 Bulan, Saham Pabrikan Obat Top Gainers

179

(Vibiznews – Indeks) –  Kenaikan harga saham di bursa Jepang masih berlanjut dan ditutup lebih tinggi pada perdagangan hari Selasa (15/6/2021) yang dipengaruhi sentimen kuat perdagangan sebelumnmya. Indeks Nikkei melompat ke posisi tertinggi 1 bulan karena investor optimis bahwa Bank of Japan akan memperpanjang program bantuan pandemi akhir pekan ini untuk mendukung pemulihan ekonomi yang rapuh.

Saham-saham yang alami kenaikan dipimpin oleh saham berorientasi pertumbuhan ekonomi global. Harapan pemulihan perdagangan global dan pembukaan kembali ekonomi di dalam negeri mendukung sentimen pasar,  kemudian investor telah mendapatkan kembali kepercayaan di pasar karena vaksinasi COVID-19 telah lancar dan dipercepat.

Sebelumnya sentimen investor sudah sudah menguat  setelah pemerintah Jepang mencabut keadaan darurat COVID-19 di Tokyo dan menurunkannya menjadi keadaan darurat di tiga prefektur, di tengah penurunan infeksi yang stabil.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Indeks harian Nikkei ditutup naik 279,5 poin atau 0,96% menjadi 29441,3. Demikian untuk indeks Topix naik 0,8% menjadi 1.975,48,  level tertinggi sejak awal April. Untuk indeks Nikkei berjangka bulan Juli 2021 bergerak positif dengan naik 270 poin atau 0,93% ke posisi 29410.

Saham  pembuat obat  memperoleh keuntungan tertinggi di antara 33 sektor Bursa Efek Tokyo dengan kenaikan 1,65%, dengan saham Eisai melonjak 6,59%, menjadikannya top gainers  di Nikkei. Saham  Takeda Pharmaceutical, yang menangani pasokan vaksin COVID-19 Novavax di Jepang, naik 1,69% setelah uji klinis menunjukkan kandidat vaksin perusahaan AS tersebut lebih dari 90% efektif melawan berbagai varian virus.

Sementara itu saham Tokyo Electron, pemasok terkemuka peralatan pembuat chip, naik 1,68%, sementara itu saham otomotif Toyota Motor melonjak 1,77%  dengan mencapai rekor tertinggi.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here