Pefindo: Tahun 2021, Total Nilai Penerbitan Obligasi Korporasi Capai Rp.39 T, Naik 44.3%

106

(Vibiznews – Bonds) – Penerbitan obligasi korporasi semakin marak di tahun ini, terbukti hingga akhir Mei 2021, nilai emisi obligasi korporasi yang diterbitkan sudah melebihi nilai emisi di periode yang sama pada tahun 2020.

Berdasarkan data dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), sejak awal tahun hingga akhir Mei 2021, total nilai penerbitan surat utang korporasi di Indonesia mencapai Rp 39 triliun. Jumlah tersebut naik 44,3% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yang hanya Rp 27 triliun.

Head of Economics Research Pefindo Fikri C. Permana menyatakan, besar kemungkinan sepanjang Juni penerbitan surat utang akan semakin positif. Hal ini terjadi karena di bulan Mei, penerbitan obligasi korporasi sempat terhalang oleh momen Ramadan dan Idulfitri yang memiliki banyak jadwal libur.

Berdasarkan perhitungan Pefindo, Fikri mengungkapkan terdapat sekitar Rp 90 triliun surat utang yang jatuh tempo mulai kuartal II-2021 hingga akhir tahun 2021. Hal ini pada akhirnya akan memicu penerbitan surat utang korporasi.

Selain untuk keperluan refinancing, ia juga melihat makin banyak korporasi yang memerlukan dana segar untuk menggelar ekspansi. Apalagi, didorong oleh pemulihan ekonomi serta tren suku bunga rendah seiring Bank Indonesia yang masih mempertahankan kebijakan akomodatif yang akhirnya bisa membuat biaya penerbitan jauh lebih murah bagi korporasi.

Dia menambahkan, nilai emisi surat utang korporasi sepanjang tahun ini berada pada kisaran Rp 125 triliun – Rp 155 triliun. Namun, secara moderat, ia memproyeksikan penerbitan sebesar Rp 140 triliun.

Hanya saja, Fikri mengingatkan tetap ada risiko sepanjang tahun ini, yakni proses vaksinasi Covid-19. Jika proses vaksinasi ternyata tak kunjung optimal, dan herd immunity bisa terbentuk hingga dua tahun lagi, risiko akan meningkat.

“Hal tersebut bisa membuat indeks kepercayaan konsumen maupun pelaku usaha tertekan. Hal ini menjadi perhatian utama kami ke depan,” pungkas Fikri kepada media.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here