Harga Karet Tocom Rebound dari Pelemahan 4 Sesi, SHFE Melompat ke Tertinggi 2 Pekan

399
Kementan RI Photo

(Vibiznews – Commodity) – Setelah tertekan selama 4 sesi berturut, harga karet Tocom rebound dari posisi terendah 2 bulan pada perdagangan hari Rabu (23/6/2021), demikian dengan karet SHFE dan Sicom pulih dari posisi terendahnya. Harga karet SHFE rebound dari posisi terendah 8 bulan dan melompat ke posisi tertinggi 2 pekan.

Penguatan harga karet di bursa komoditas internasional hari ini mendapat sentimen positif dari pasar komoditas minyak mentah berjangka yang naik ke posisi tertinggi 2,5 tahun. Kemudian untuk karet Tocom mendapat tambahan dari pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS.

Sebelumnya tekanan jual pada perdagangan karet mendapat sentimen dari kekhawatiran pemulihan ekonomi Asia akan melambat akibat kuatnya merebaknya epidemi COVID-19 di beberapa negara utama. Kemudian aktivitas manufaktur di Cina dan Jepang juga  tumbuh pada laju paling lambat pada Mei 2021 karena pertumbuhan output dan pesanan baru melambat.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini naik 2,4 poin atau 1,04% ke posisi 234,1 yen per kg,  setelah dibuka pada posisi 231.0 yen.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021  ditutup menguat 285 poin atau 2,58%  ke posisi 12935 yuan, tertinggi sejak 9 Juni. Demikian di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2021 ditutup lebih tinggi dengan naik US$2,9 atau 1,82% ke   posisi 162,0, tertinggi sejak  17 Juni.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here