Harga Minyak Sawit Naik Sedikit Pada Penutupan Pasar Selasa

194

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit pada penutupan pasar hari Selasa naik sedikit setelah naik pada perdagangan pagi turun karena kenaikan produksi dan perubahan biaya restribusi di Indonesia.

Harga minyak sawit September pada hari Selasa di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 1 ringgit atau 0.03 % menjadi 3,390 ringgit ($815.00) per ton.

Pada perdagangan pagi harga minyak sawit sempat naik 2.92% ke harga tertinggi satu minggu di 3,490 ringgit karena perkiraan impor Cina akan meningkat dengan turunnya harga minyak sawit, namun kenaikan harga terhenti karena revisi biaya restribusi ekspor minyak sawit dan peningkatan produksi Indonesia negara produsen minyak sawit terbesar di dunia mengumumkan akan merubah biaya distribusi untuk ekspor minyak sawit dengan mengurangi biaya tertinggi menjadi $175 per ton dari $255. Penurunan ini dilakukan supaya ekspor mendapatkan profit margin yang lebih baik menurut Indonesia Palm Oil Association (GAPKI), walaupun beberapa group mengatakan perubahan aturan yang sering akan mengganggu permintaan.

Pajak yang tinggi dari Indonesia membuat India lebih memilih membeli minyak sawit dari Malaysia .

Harga minyak sawit juga tertekan karena kenaikan persediaan meningkat karena produksi meningkat lebih dari rata-rata di Malaysia.

Harga minyak sawit sempat naik karena Cina akan meningkatkan import pada kuartal ke 4 di 2021 dan kuartal ke 1 2022, didahului dengan perkiraan akan naiknya permintaan pada kuartal ke 3 tahun ini.

Harga minyak sawit sudah turun 13% pada bulan ini.

Harga minyak kedelai di bursa Dalian naik 2% dan harga minyak sawit juga naik 1.7%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade turun 1.6%.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support pertama di 3,250 ringgit kemudian ke 3,230 ringgit dengan resistant pertama 3,550 ringgit kemudian 3,590 ringgit

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here