Bursa Eropa Menguat Mencermati Rilis Data Ekonomi

175

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Kamis (24/06) mencerna komentar dari pejabat Federal Reserve AS dan mencermati berbagai rilis data ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7%, dengan bank-bank naik 1,4% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor kecuali telekomunikasi diperdagangkan di wilayah positif.

Terpantau indeks FTSE naik 0,3%. Indeks DAX menguat 0,8%. Indeks CAC melompat 1%.

Pasar Eropa tampaknya akan pulih dari penurunan hari Rabu di tengah minggu yang berombak, yang telah membuat saham global gelisah karena investor memantau prospek inflasi dan kebijakan bank sentral.

Saham berjangka AS juga naik di awal perdagangan premarket setelah reli kembalinya pasar pada hari Rabu, tetapi saham di Asia-Pasifik berjuang untuk mendapatkan arah dalam perdagangan Kamis.

Meskipun jeda pada hari Rabu, tiga indeks utama AS naik lebih dari 1% minggu ini, reli dari aksi jual minggu lalu setelah Federal Reserve meningkatkan ekspektasi inflasi dan memperkirakan kenaikan suku bunga segera setelah 2023.

Komentar dari Ketua Fed Jerome Powell selama kesaksian Kongres Selasa menegaskan kembali bahwa tekanan inflasi harus bersifat sementara, yang tampaknya menenangkan sentimen pasar.

Investor menunggu data klaim pengangguran AS baru yang akan dirilis Kamis untuk prospek terbaru tentang pengangguran. Selain itu, hasil stress test bank tahunan Fed dijadwalkan untuk dirilis setelah bel pada hari Kamis. Tes tersebut meneliti bagaimana bank dapat bertahan selama penurunan ekonomi.

Di Inggris, investor akan menyaksikan Bank of England mengumumkan keputusan suku bunga terbaru pada hari Kamis. Bank diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada rekor terendah dan mempertahankan program pembelian aset besar-besaran pada hari Kamis, tetapi investor akan mencari petunjuk tentang pengetatan tahun depan.

Indeks iklim bisnis Ifo Institute Jerman berada di 101,8 pada bulan Juni, sedikit melampaui perkiraan konsensus 100,6 dari para ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, Tecan Swiss melonjak lebih dari 10% setelah mengumumkan akuisisi Paramit Corporation senilai $1 miliar.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, Vifor Pharma Swiss turun 3,7%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif mencerna komentar ketua The Fed. Meningkatnya data Ifo Business Climate Jerman memberikan dukungan. Demikian juga jika malam nanti rilis data ekonomi AS terealisir baik, akan menguatkan bursa AS dan mendorong kenaikan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here