Harga Gandum Turun Di Euronext Karena Ketatnya Persaingan di Pasar International

133

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum turun di Bursa Euronext , karena ketatnya persaingan di pasar internasional namun harga gandum naik di CBOT pada penutupan hari Rabu.

Harga gandum di CBOT naik 10.25 sen (1.57%) menjadi $6.6125 per bushel.

Harga gandum naik pada penutupan pasar hari Rabu menantikan laporan ekspor mingguan pada hari Kamis dengan perkiraan 200k – 525k MT gandum 2021/22 yang dipesan sampai 17 Juni.
Jepang membuat tender regular mencari 159,665 MT gandum dari AS dan Kanada.

Harga gandum di Uni Eropa September di Bursa Euronext Paris turun 0.25 euro atau 0.1% menjadi 206.75 euro ($246.65) per ton. Harga gandum sempat naik ke harga tertinggi satu minggu di 209.50 euro setelah harga gandum di Chicago naik karena kekeringan di ladang gandum di AS.

Kenaikan harga terhenti karena panen yang sedang berlangsung di Eropa dan diperkirakan akan membaik, hanya hujan turun deras pada minggu ini di Perancis menyebabkan kekhawatiran terhadap hasil panen.

Terjadi peningkatan pengiriman gandum dari Rusia ke Aljazair sehingga meningkatkan persaingan perdagangan dengan Uni Eropa, yang biasanya menjadi pasar ekspor ke Aljazair.
Pada saat ini Australia juga menjual gandumnya ke Cina berkurang lagi prospek penjualan gandum dari Perancis.

Daerah pertanian gandum hujan turun selama akhir minggu lalu namun laporan hasil panen masih baik, persediaan akan lebih banyak kalau menampung hasil panen jika panen sudah selesai. Hujan diperkirakan masih turun pada minggu depan yang akan menganggu pertumbuhan gandum musim semi.

Area pertanian gandum musim semi di AS dan Canada akan turun hujan disertai kilat dan guntur, terlebih lagi di Canada. Di Canada selain hujan akan dingin. Kalau di North Dakota masih kering, hujan turun di Sebelah barat Texas dan di Oklahoma. Udara kering sangat baik di waktu panen.

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support pertama di $6.49 dan berikut ke $6.40 sedangkan resistant pertama di $6.73 dan berikut ke $6.76.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here