Rekomendasi Minyak 24 Juni 2021: Bertahan Karena Laporan EIA

187

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan mendatar pada perdagangan sesi Asia pagi hari, dengan pergerakan naik berhenti di bawah dari ketinggian sebelumnya dalam perdagangan semalam.

Harga minyak mentah WTI ditutup dalam perdagangan hari Rabu kemarin di $73.24. Naik 0.25%, namun masih di bawah dari ketinggian sebelumnya di $74.22, sekalipun naik dari kerendahannya di $72.84. Saat ini harga minyak mentah WTI diperdagangkan disekitar $73.06.

Harga minyak mentah WTI dapat bertahan di $73.06 karena laporan bahwa inventori minyak mentah AS turun lebih besar daripada yang diperkirakan yang membuktikan bahwa permintaan terhadap minyak mentah terus membaik.

The Energy Information Administration (EIA) melaporkan bahwa inventori minyak mentah AS turun sebanyak 7.6 juta barel pada minggu lalu, jauh di atas dari penurunan yang diperkirakan sebanyak 4.3 juta barel. Inventori gasoline juga turun 3.9 juta barel.

Ini adalah penurunan inventori minyak mentah AS yang kelima kalinya dalam lima minggu berturut-turut dan membuat stock minyak mentah komersial AS berada di level terendah sejak bulan Maret 2020 saat pandemik dimulai.

Pertemuan OPEC+ minggu depan akan diperhatikan dengan seksama sementara para trader dari group ini diperkirakan akan memutuskan mengenai level produksi bulan Agustus dalam rangka memberikan kelegaan atas deficit global yang diperkirakan akan terjadi pada bulan -bulan yang akan datang.

Semakin banyak angggota OPEC+ yang memperdebatkan apakah kenaikan produksi harus di dorong ke bulan Agustus yang bisa membuat harga minyak mentah akan terus naik di dalam jangka pendek. Kalau kenaikan produksi tidak jadi ditunda ke bulan Agustus, maka harga minyak mentah WTI bisa melemah sehingga tembusnya harga minyak mentah WTI sekarang di atas resistance kunci di $70 tidak punya kekuatan untuk lanjut.

“Support” terdekat menunggu di $72.87 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.73  dan kemudian $69.94. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.23 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.78 dan kemudian $74.23.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here