PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Meluncurkan electronic Voting (e-Voting) pada Platform RUPS

456

(Vibiznews – IDX) Ditengah masa pandemi COVID-19 yang belum mereda, kebutuhan akan adanya platform elektronik untuk penyelenggaraan kegiatan secara online menjadi salah satu kebutuhan utama, tidak terkecuali bagi industri pasar modal. eASY.KSEI merupakan platform elektronik yang dapat digunakan investor untuk memberikan suara dan menyaksikan pelaksanaan RUPS secara online.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada hari ini (28/7) meluncurkan modul electronic voting (e-Voting) pada platform RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) elektronik eASY.KSEI, dengan fitur utama webinar RUPS secara live streaming, yang memungkinkan kehadiran pemegang saham dan pemberian kuasa secara elektronik. Tahun lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan KSEI sebagai penyedia sistem penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Secara Elektronik (e-RUPS) dan meluncurkan eASY.KSEI (electronic general meeting system) dengan modul e-Proxy. Di hari pertama peluncurannya, eASY.KSEI langsung digunakan oleh 10 Emiten untuk penyelenggaraan 15 RUPS.

Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan, “Pengembangan eASY.KSEI merupakan upaya KSEI untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan RUPS Emiten. Selain itu, KSEI juga berharap bahwa eASY.KSEI dapat meningkatkan partisipasi investor untuk menghadiri RUPS, terutama di masa pandemi COVID-19 karena adanya pembatasan mobilitas masyarakat. Nilai investasi untuk pengembangan platform eASY.KSEI tersebut sekitar Rp17,5 miliar.”

Penerapan eASY.KSEI sesuai dengan kondisi demografi serta karakteristik investor pasar modal  Indonesia. Berdasarkan data Single Investor Identification (SID) yang tercatat di KSEI hingga 24 Juni 2021, jumlah investor saham telah mencapai 2.493.315, dengan jumlah investor yang berdomisili di Jakarta sekitar 17%. Sedangkan sisanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Dari jumlah tersebut, lebih dari 36% investor memiliki lebih dari satu  saham. Dari sisi profil investor pasar modal, saat ini sekitar 60% investor didominasi oleh milenial  dan generasi Z yang fasih dengan teknologi online dan digital.

Platform eASY.KSEI dengan modul electronic proxy (e-Proxy) pertama kali digunakan pada tanggal 14 Mei 2020 oleh 3 Emiten, yaitu PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT). Sepanjang tahun 2020, eASY.KSEI telah digunakan oleh 640 Emiten dalam 1.014 kegiatan RUPS (Tahunan dan Luar Biasa), dengan tingkat kehadiran RUPS yang dikuasakan sebesar 76%. Hingga pertengahan bulan Mei 2021, eASY.KSEI telah digunakan oleh 244 Emiten untuk melaksanakan 325 kegiatan RUPS (Tahunan dan Luar Biasa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here