Harga Minyak Tembus $75, Naik Tertinggi Hampir 3 Tahun

245

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak menembus di atas $75 per barel pada hari Kamis (01/07) ke level tertinggi hampir tiga tahun menjelang keputusan dari produsen utama tentang kebijakan produksi untuk paruh kedua tahun 2021.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS untuk pengiriman Agustus naik 3,2%, atau $2,33, menjadi $75,82 per barel, mencapai level tertinggi sejak Oktober 2018.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk September naik 2%, atau $1,49, menjadi $76,10 per barel.

WTI telah naik lebih dari 50% pada tahun ini setelah memulai 2021 di sekitar $48,5 per barel. Permintaan telah meningkat karena orang turun ke jalan di tengah pembukaan kembali ekonomi, dan rebound dalam transportasi barang dan perjalanan udara juga telah mendukung harga.

Harga bensin melonjak karena dorongan pasca-pandemi dan harga minyak mentah $75 bisa berarti harga yang lebih tinggi di pompa. Harga rata-rata saat ini untuk satu galon bensin tanpa timbal adalah $3,123 per galon, dibandingkan dengan $2,179 per galon tahun lalu, menurut AAA.

Kemajuan datang menjelang pertemuan antara OPEC dan mitra non-OPEC, atau OPEC+, yang telah bersikap positif tentang perbaikan kondisi pasar dan prospek pertumbuhan permintaan bahan bakar menyusul rebound tajam harga minyak tahun ini.

OPEC+ akan bersidang melalui konferensi video pada pukul 2 siang waktu London.

Lebih dari setahun yang lalu, WTI berjangka jatuh ke wilayah negatif untuk pertama kalinya dalam catatan karena pandemi virus corona, menekan ekonomi di seluruh dunia.

Bank of America baru-baru ini mengatakan minyak bisa naik hingga $100 per barel di tengah permintaan yang meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak naik dengan optimisme pemulihan ekonomi seiring menurunnya data jobless claim. Juga kenaikan didukung dengan harapan pertemuan produsen minyak dapat memberikan dukungan bagi harga minyak.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here