Vaksinasi Menjadi Kunci Perkembangan Sektor Finansial Hingga Infrastruktur

618

(Vibiznews – Economy & Business) – Vaksinasi merupakan program prioritas pemerintah yang dilakukan saat ini di saat melonjaknya pandemi Covid di bangsa ini. Dalam diskusi panel acara International Economic Association (IEA) yang dilakukan secara daring pada Sabtu (03/07),Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan : “Saya percaya vaksin harus tersedia untuk semua orang. Ini akan menentukan pembangunan infrastruktur kita, perkembangan sektor keuangan kita.Juga akan menentukan perkembangan kita secara keseluruhan dan juga kesejahteraan.”

Wamenkeu menegaskan percepatan vaksinasi menjadi kunci perkembangan negara-negara di dunia di masa depan, mulai dari sektor keuangan hingga infrastruktur. Perlu disadari adanya pandemi Covid 19 membawa ketidakpastian yang tinggi di seluruh dunia sehingga respons kebijakan fiskal harus fleksibel. Namun demikian, disiplin fiskal harus dijaga untuk jangka menengah dan panjang demi keberlanjutan pembiayaan.

“Kebijakan fiskal seharusnya fleksibel dalam jangka pendek, namun dalam jangka menengah dan panjang harus kembali pada kesinambungan fiskalnya,” ujar Wamenkeu. Percepatan vaksinasi yang diberikan secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat akan mendorong pemulihan di segala bidang.

“Saya percaya jumlah vaksin akan cukup untuk semua orang, tetapi kapan? Ini yang menjadi pertanyaan. Semakin cepat tersedia untuk semua orang, semakin cepat pemulihan kita. Jika tidak cukup cepat, maka pemulihannya juga akan lebih lama,” tutup Wamenkeu.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here