Bursa Eropa Menguat Terdukung Kenaikan Bursa Wall Street

621
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa naik pada hari Rabu (21/07), mencermati rilis pendapatan dan penguatan bursa saham AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,57%, dengan saham perjalanan dan liburan naik 2,2% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Terpantau indeks FTSE melompat 1,79%. Indeks DAX menguat 1,33%. Indeks CAC meningkat 1,78%.

Sentimen optimis di Eropa muncul setelah ada kebangkitan besar di Wall Street pada hari Selasa, dengan saham rebound tajam dari aksi jual Senin. Dow Jones Industrial Average melonjak 549,95 poin menjadi 34.511,99. S&P 500 melonjak 1,52% menjadi 4.323,06 sementara Nasdaq Composite naik 1,57% menjadi 14.498,88.

Keuntungan itu adalah kebangkitan dari kerugian Senin, yang membuat Dow anjlok lebih dari 700 poin, dipicu oleh kekhawatiran atas pertumbuhan global dan pemulihan ekonomi saat kasus Covid meningkat.

Saham berjangka AS naik pada awal perdagangan premarket pada hari Rabu sementara saham di Asia Pasifik juga menguat.

Di Eropa pada hari Rabu, pendapatan datang dari Daimler, SAP, Julius Baer dan Novartis, sementara Royal Mail merilis pembaruan perdagangan.

Saham SAP turun 3,5% pada sore hari meskipun meningkatkan prospeknya untuk kedua kalinya tahun ini, karena dorongan strategis menuju komputasi cloud mulai membuahkan hasil.

Di bagian bawah Stoxx 600, perusahaan bahan kimia Belanda Corbion turun 6,1% setelah Barclays memangkas stok menjadi “underweight.”

Di bagian atas indeks, produsen peralatan outdoor dan transportasi Swedia Thule Group melonjak lebih dari 16% setelah laporan pendapatan kuartal kedua yang kuat.

Peritel mode Inggris Next melonjak 7% setelah mengalahkan perkiraan penjualan kuartal kedua dan perusahaan media Inggris Future naik 7,9% setelah menaikkan panduan setahun penuhnya.

Daimler mempertahankan prospek margin keuntungannya tidak berubah tetapi memperingatkan bahwa kekurangan semikonduktor global akan terus mengurangi penjualan mobil hingga 2022. Saham pembuat mobil Jerman turun 0,8% pada sore hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring penguatan bursa Wall Street dan hasil rilis pendapatan emiten bursa Eropa. Jika malam ini bursa Wall Street terus bergerak naik, akan menguatkan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here