Harga Minyak Melonjak Mengabaikan Peningkatan Pasokan AS

398
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Rabu, memperpanjang kenaikan dari sesi sebelumnya karena peningkatan selera risiko memberikan dukungan meskipun data menunjukkan kenaikan tak terduga dalam persediaan minyak AS pekan lalu dan prospek permintaan yang lebih lemah karena meningkatnya infeksi COVID-19.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik $ 2, atau 2,98%, diperdagangkan pada $ 69,20 per barel, setelah jatuh ke $ 66,44 per barel sebelumnya pada hari Rabu.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik $ 1,82, atau 2,62%, menjadi $ 71,17 per barel, setelah mencapai sesi terendah $ 68,63 per barel.

Harga minyak turun pada hari Senin menyusul kesepakatan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+, untuk meningkatkan pasokan sebesar 400.000 barel per hari setiap bulan dari Agustus hingga Desember. Aksi jual diperparah oleh kekhawatiran bahwa peningkatan kasus varian Delta dari virus corona di pasar utama seperti Amerika Serikat, Inggris dan Jepang akan mempengaruhi permintaan.

Potensi kenaikan persediaan AS membebani harga di awal sesi.

Pasokanminyak mentah AS naik 806.000 barel untuk pekan yang berakhir 16 Juli, menurut dua sumber pasar, mengutip angka American Petroleum Institute.

Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan besar dalam persediaan. Data resmi Administrasi Informasi Energi AS akan dirilis pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak naik seiring meningkatnya selera risiko. Malam ini akan dirilis data pasokan minyak mentah mingguan oleh EIA, yang jika terealisir turun akann menguatkan harga minyak dan sebaliknya. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 69,75-$ 70,21. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $ 69,02-$ 68,82.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here