Bursa Eropa Ditutup Sebagian Besar Meningkat

509
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup sebagian besar lebih tinggi Kamis (22/07) di tengah komentar dovish dari Bank Sentral Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,6%, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak 2,6% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor dan bursa utama berakhir di wilayah positif.

Indeks FTSE ditutup turun -0,43%. Indeks DAX naik 0,6%. Indeks CAC naik 0,27%.

Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Kamis mempertahankan kebijakan moneter stabil, tetapi mengubah panduan untuk mencerminkan target inflasi yang baru-baru ini meningkat. ECB berjanji untuk mempertahankan sikap “terus-menerus akomodatif” sampai targetnya terpenuhi secara konsisten.

Penghasilan juga menjadi fokus Kamis, menawarkan ukuran dampak pandemi pada komunitas bisnis di Eropa, dengan angka terbaru berasal dari Unilever, Publicis, ABB, Roche, Centrica dan Mulberry Group.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan investasi Swedia EQT melonjak 12,8% untuk memimpin Stoxx 600 setelah laporan pendapatan semester pertama yang kuat.

Unilever turun 5,9% setelah raksasa barang konsumen itu memangkas perkiraan margin operasi tahunannya karena harga komoditas yang lebih tinggi.

Awal positif untuk pasar Eropa datang di tengah sentimen yang jauh lebih kuat daripada yang terlihat pada awal minggu, ketika ada penurunan di pasar global di tengah kekhawatiran atas meningkatnya kasus Covid dan pertumbuhan global.

Di Wall Street, saham AS beragam karena lonjakan tak terduga dalam klaim pengangguran membuat investor khawatir tentang ekonomi.

Klaim pengangguran secara tak terduga naik menjadi 419.000 minggu lalu, lebih tinggi dari perkiraan 350.000 ekonom yang disurvei oleh Dow Jones dan lebih dari 368.000 yang direvisi naik dari periode sebelumnya, Departemen Tenaga Kerja melaporkan Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan mencermati pergerakan bursa saham AS dan Asia, jika memberikan hasil positif, akan memberikan dukungan bagi bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here