Penguatan Pasar Saham; Penurunan Permintaan Safe Haven – Market Mover 22 July 2021 by Asido Situmorang

356

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global mencermati pergerakan pasar saham yang menguat dengan membaiknya rilis laporan pendapatan perusahaan. Hal ini membuat minat pasar terhadap aset beresiko meningkat, dengan demikian membuat permintaan safe haven menurun.

Pasar juga akan mencermati data Jobless Claim mingguan AS Kamis malam ini yang diindikasikan menurun. Pasar tenaga kerja AS menjadi perhatian, karena memberikan pengaruh pasar terhadap perkembangan ekonomi AS.

Bagaimanakah pergerakan pasar perdagangan global pada pekan ini?

Dari pasar Forex, mata uang safe haven Dolar AS dan yen Jepang bergerak turun di tengah pemulihan selera risiko karena pendapatan yang kuat mengangkat bursa saham Wall Street dan bursa saham global lainnya.
Namun jika data Jobless Claim AS terealisir menurun akan dapat meningkatkan imbal hasil Treasury AS dan dapat mendorong kenaikan dolar AS.

Dari pasar Index, bursa saham Wall Street mencetak keuntungan terdukung laporan pendapatan perusahaan yang meningkat. Perusahaan Coca-Cola dan Verizon melaporkan hasil kuartalan yang lebih baik dari yang diperkirakan, demikian juga saham perawatan kesehatan Johnson & Johnson ditutup lebih tinggi setelah melaporkan hasil kuartal kedua yang melebihi perkiraan analis. Penguatan bursa AS mendorong kenaikan bursa Asia dan Eropa.

Dari pasar Komoditas, harga emas menurun dengan meningkatkan permintaan aset beresiko, demikian juga jika data Jobless Claim terealisir turun akan menekan lagi harga emas. Sedangkan harga minyak bergerak turun dengan meningkatnya pasokan minyak mentah mingguan AS dan kekhawatiran peningkatan produksi OPEC.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here