Bursa Eropa Naik Terdukung Peningkatan Pertumbuhan Bisnis

876
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Jumat (23/07), terdukung data pertumbuhan bisnis Markit PMI yang meningkat, bersama dengan putaran baru pendapatan perusahaan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,95%, dengan otomotif melonjak 2,9% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Terpantau indeks FTSE naik 0,78%. Indeks DAX dan CAC sama-sama melonjak 1%.

Pembacaan PMI (indeks pembelian manajer) Juli pada hari Jumat menunjukkan aktivitas bisnis zona Eropa tumbuh pada laju tercepat dalam lebih dari dua dekade, karena pelonggaran pembatasan sosial dan perluasan program vaksinasi melepaskan permintaan yang terpendam.

Penjualan ritel Inggris tumbuh 0,5% pada bulan Juni setelah kemunduran mengejutkan pada bulan Mei, menurut angka resmi yang diterbitkan Jumat. Namun, pemulihan ekonomi negara itu menemui jalan buntu pada bulan Juli karena jumlah orang yang diinstruksikan untuk diisolasi oleh aplikasi uji dan lacak pemerintah melonjak karena meningkatnya infeksi. IHS Markit/CIPS flash PMI turun menjadi 57,7 di bulan Juli dari 62,2 di bulan Juni.

Musim pendapatan terus mengumpulkan tenaga di Eropa, dengan Thales, Signify dan Lonza di antara mereka yang melaporkan hasil kuartal kedua pada hari Jumat, sementara Vodafone mengeluarkan pembaruan perdagangan dan Mercedes-Benz mengumumkan pembaruan strategi.

Saham di Asia-Pasifik sebagian besar mundur. Di Amerika Serikat, saham berjangka sedikit lebih tinggi dengan hati-hati dengan Wall Street mencari kenaikan hari keempat berturut-turut karena pasar terus rebound dari aksi jual tajam pada hari Senin.

Kembali di Eropa, Bank Sentral Eropa mempertahankan kebijakan moneternya dengan stabil setelah pertemuan Dewan Pengatur pada hari Rabu, tetapi mempertajam retorikanya dan bersumpah akan bersikap “terus-menerus akomodatif” sehubungan dengan target inflasi barunya.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, pembuat suku cadang mobil Prancis Valeo naik 7% pada pertengahan sore setelah mengalahkan ekspektasi pendapatan kuartal kedua dan mengkonfirmasi prospeknya. Pembangun Swedia Skanska juga melonjak 7% setelah mengalahkan ekspektasi laba.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, produsen peralatan masak Prancis Groupe SEB turun 6,1% setelah lesunya biaya. Perusahaan pencahayaan Belanda Signify turun 5,9% meskipun melaporkan kenaikan laba kuartal kedua sebesar 32%, karena terus bergulat dengan masalah rantai pasokan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung data Markit PMI Bisnis meningkat. Juga jika malam ini data Markit PMI Bisnis AS terealisir naik, akan menguatkan bursa Wall Street dan mendorong kenaikan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here