Harga Karet Tocom 26 Juli Menguat Sendiri, Demand dari India Meningkat

777

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet di bursa komoditas internasional pada perdagangan hari Senin (26/7/2021) mixed, dengan hanya karet Tocom yang melonjak 2% setelah libur panjang sebelumnya. Pekan lalu pasar karet Jepang ditutup oleh 2 hari libur publik. Karet SHFE dan Sicom bergerak melemah moderat setelah sesi sebelumnya cetak gain.

Fundamental pasar karet sedang menguat oleh laporan Asosiasi Negara-negara produsen Karet Alam (ANRPC) bahwa optimisme pada sektor permintaan telah meningkat di India karena beberapa negara bagian telah mencabut atau melonggarkan pembatasan terkait Covid-19. Sektor otomotif negara itu juga menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Namun pelemahan harga karet SHFE dan Sicom mendapat tekanan dari retreatnya harga minyak mentah hingga 1% di tengah kekhawatiran perlambatan permintaan minyak global yang disebabkan oleh penyebaran kasus Covid-19, perpanjangan lockdown dan banjir di China.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini menguat  4,8 poin atau 2,47% ke posisi 214,5 yen per kg, tertinggi sejak 14 Juli  setelah dibuka pada posisi 209.9 yen.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021  ditutup melemah  5 poin atau 0,01%  ke posisi 13185 yuan. Demikian di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan September 2021 ditutup lebih lemah dengan turun US$0,2 atau 0,12% ke  posisi 163,7.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here