Nikkei 27 Juli Tertinggi 2 Pekan, Selama 2 Hari Gagal Capai Penutupan 28000

210

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang kembali cetak gain mengikuti kenaikan semalam di bursa Wall Street karena investor menyambut laporan pendapatan perusahaan yang optimis. Indeks Nikkei gagal ditutup menembus posisi 28000 setelah selama 2 sesi sempat mencapai posisi tersebut, kini menguat ke posisi tertinggi 2 pekan.

Seperti perdagangan sebelumnya, Nikkei sempat diperdagangkan di atas level tersebut  tetapi kemudian terkoreksi sebelum penutupan ditengah  kehati-hatian investor menjelang pertemuan kebijakan Federal Reserve minggu ini dan kenaikan di musim pendapatan AS dan Jepang. Laporan penghasilan yang kuat secara keseluruhan dari perusahaan Amerika membuat investor berpikir pemulihan AS berada di jalurnya, dan itu juga harus menjadi nilai tambah bagi ekonomi Jepang.

Berita Nikkei lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks harian Nikkei ditutup naik 137 poin atau 0,5% menjadi 27.970. Demikian untuk indeks Topix naik 0,64% menjadi 1.938,04. Demikian indeks Nikkei berjangka bulan September 2021 bergerak  negatif  dengan menguat 80 poin atau 0,29% ke posisi 27910.

Secara sektoral, saham maskapai penerbangan paling reli dengan kenaikan 3,29%. Berikutnya adalah saham logam non-ferrous dengan lonjakan 2,09%, diikuti oleh kenaikan 1,74% untuk besi dan baja. Saham Sumitomo Metal Mining Co memimpin kenaikan dengan kenaikan 4,49%, diikuti oleh kenaikan 3,96% pada perusahaan perikanan dan makanan beku Nippon Suisan Kaisha dan kenaikan 3,3% pada maskapai ANA Holdings.

Pergerakan sebaliknya, saham Rakuten Group memimpin penurunan, turun 7,31% setelah perusahaan pemeringkat S&P menurunkan peringkat perusahaan e-commerce tersebut, dengan alasan keuangan yang memburuk terkait dengan peluncuran bisnis ponselnya.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here