Rekomendasi GBP/USD 27 Juli 2021: Berpeluang Naik Apabila Sentimen Pasar Membaik?

1170

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan di atas 1.38, di sekitar 1.3825, naik pada hari Senin. Optimisme mengenai kasus Covid di Inggris mendukung Sterling sementara sentimen pasar yang berhati-hati membuat dollar AS tetap dibeli.

Kurang dari seminggu setelah “Freedom Day”, Inggris telah mencatat penurunan kasus Covid-19 selama 5 hari berturut-turut. Para ahli memperingatkan bahwa hasil dari pembukaan kembali sepenuhnya ekonomi Inggris pada tanggal 26 Juli baru akan terefleksi di dalam statistik dua atau tiga minggu ke depan, meskipun demikian, turunnya kasus baru sekarang memberi semangat.

Pada hari Senin dilaporkan infeksi baru di bawah 30.000, penurunan yang substansial dibandingkan dengan hampir 50.000 pada minggu sebelumnya. Setiap penurunan kasus Covid – 19 akan mendorong naik Sterling.

Sementara itu di AS, lebih sedikit orang yang di vaksin. Hanya 56% yang menerima suntikan pertama, dibandingkan dengan di Inggris yang sudah hampir 70% dan infeksi di AS sedang meningkat. Dr. Anthony Fauci yang mengatakan bahwa AS sedang berjalan ke arah yang salah membuat timbul kekuatiran yang mendorong naik dollar AS yang safe-haven.

Minggu lalu, pasar jatuh karena keprihatinan akan coronavirus namun berhasil pulih kembali dengan cepat. GBP/USD yang terjun ke level terendah sejak bulan Februari secara bertahap berbalik naik dan minggu ini poundsterling kelihatannya di posisi yang lebih baik.

Investor sedang menantikan keputusan Federal Reserve AS. Di satu sisi, kekuatiran akan virus bisa menahan the Fed dari memberikan tanda mengenai pengurangan stimulus moneter. Di sisi lain, inflasi sedang naik di AS.

Secara keseluruhan GBP/USD memiliki ruang untuk naik, terutama jika sentimen pasar terus membaik.

“Support” terdekat menunggu di 1.3725 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3685 dan kemudian 1.3640. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3860 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3885  dan kemudian 1.3905.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here