Indonesia Penghasil Perusahaan Unicorn Terbanyak di ASEAN

415

(Vibiznews – IDX) Dalam acara Edukasi Wartawan terkait IPO Unicorn yang diselenggarakan secara online, Rabu (28/07/2021), Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan bahwa ASEAN mempunyai potensi pertumbuhan pasar yang tinggi untuk Start-up, ada 670 juta penduduk dari 11 Negara yang ada di kawasan ASEAN.

I Gede Nyoman Yetna juga mengatakan bahwaw Indonesia mempunyai potensi besar untuk menghasilkan Unicorn baru. Negara Indonesia ada Negara penghasil Unicorn terbanyak di ASEAN, dari 12 Unicorn yang ada di ASEAN, 6 Unicorn berasal dari Indonesia.

Diperkirakan saat ini ASEAN memiliki 70 perusahaan Later Stage Start-up dengan status Centaur, dimana 38 persen atau 27 Centaur berasal dari Indonesia. Beberapa diantaranya adalah halodoc, TaniHub, ruang guru, DANA, Link Aja, cekaja.com, modalku, kopi kenangan, Fore Coffee dan masih banyak lagi yang lain. Sehingga Pasar Modal Indonesia perlu beradaptasi dengan penerapan MVS dalam antisipasi peningkatan supply dan demand pasar modal dari perusahaan teknologi.

Sehingga semua itu akan mendatangkan peluang pendalaman pasar modal Indonesia diantaranya ada potensi peningkatan nilai kapitalisasi di pasar modal Indonesia, peningkatan Unicorn IPO, jumlah investor baru akan semakin bertambah sedikitnya 42.000 pihak/investor sehingga dapat berpengaruh terhadap Capital Inflow terhadap perusahaan tercatat khususnya dari sektor teknologi. Perusahaan teknologi yang akan melakukan Listing di BEI adalah Bukalapak dan GoTo.

Level Valuasi Start-up terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :

COCKROACH : Sebuah level awal  bagi perusahaan  rintisan (startup)  yang baru  memulai.

PONY : Sebuah istilah  bagi startup yang  berhasil  memperoleh nilai  valuasi ≥USD10 juta – USD100 juta.

CENTAUR : Sebuah istilah  bagi startup yang  berhasil  memperoleh nilai  valuasi ≥USD100  juta – USD 1 miliar.

UNICORN : Sebuah istilah  bagi startup yang  berhasil  memperoleh nilai  valuasi ≥USD1  miliar – USD10  miliar.

DECACORN : Sebuah istilah  bagi startup yang  berhasil  memperoleh nilai  valuasi ≥USD10  miliar – USD100  miliar.

HECTOCORN : Sebuah istilah  bagi startup yang  berhasil  memperoleh nilai  valuasi lebih dari  USD100 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here