Bursa Eropa Bergerak Naik Mencermati Sikap Dovish Kebijakan The Fed AS

373
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Kamis (29/07) mencerna laporan pendapatan perusahaan besar dan sikap dovish kebijakan Federal Reserve AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,50%, dengan sumber daya dasar melonjak 2,2% sementara saham perjalanan dan liburan turun 1,3%.

Terpantau indeks FTSE menguat 0,91%. Indeks DAX naik 0,43%. Indeks CAC meningkat 0,73%.

Bursa Saham di Asia-Pasifik secara luas menguat dengan indeks Hang Seng Hong Kong terus rebound tajam dari kemerosotan dua hari di awal minggu.

Saham berjangka AS mengarah ke pembukaan datar setelah Fed mempertahankan suku bunga dan pembelian aset tidak berubah. Ketua Fed Jerome Powell memperingatkan dalam konferensi pers pada hari Rabu bahwa meskipun ekonomi telah membuat kemajuan, masih memiliki beberapa cara untuk pergi sebelum bank sentral akan berupaya untuk memperketat sikap kebijakan moneter yang akomodatif.

Sesi perdagangan Eropa hari Kamis akan melaporkan pendapatan perusahaan. Credit Suisse, Royal Dutch Shell, TotalEnergies, Volkswagen dan Airbus hanyalah beberapa saham besar yang melaporkan hasil.

Credit Suisse membukukan laba bersih 253 juta franc Swiss ($278,3 juta) untuk periode tiga bulan yang berakhir Juni, meleset dari ekspektasi dalam jajak pendapat analisnya sendiri. Pemberi pinjaman Swiss juga mengumumkan bahwa penyelidikan atas kesepakatannya dengan dana lindung nilai AS yang runtuh Archegos Capital mengungkapkan banyak kegagalan tetapi tidak ada “perilaku penipuan atau ilegal.”

Saham Credit Suisse turun 3,2% pada akhir perdagangan pagi.

Volkswagen menaikkan target margin keuntungannya untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari tiga bulan didukung oleh rekor pendapatan pada paruh pertama tahun ini, dengan produsen mobil terbesar di Eropa itu sekarang melebihi tingkat pra-pandemi. Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Volkswagen juga akan meluncurkan penawaran tender senilai 2,9 miliar euro ($3,4 miliar) untuk perusahaan persewaan mobil Prancis Europcar, perusahaan itu mengumumkan Rabu. Saham Volkswagen naik 0,6%.

Royal Dutch Shell melaporkan bahwa laba kuartal kedua melonjak menjadi $5,5 miliar didukung oleh harga minyak dan gas yang lebih tinggi dan pulihnya permintaan. Perusahaan energi Inggris-Belanda meluncurkan program pembelian kembali saham senilai $2 miliar dan meningkatkan dividennya, mendorong saham naik 3,7%.

TotalEnergies Prancis juga mengumumkan rencana untuk membeli kembali saham setelah melaporkan lonjakan laba menjadi $3,5 miliar, mengirimkan saham 2,4% lebih tinggi.

Di puncak Stoxx 600, perusahaan teknik Prancis Alten melonjak 8,6% dan raksasa telekomunikasi Finlandia Nokia 7,3% didukung oleh laporan pendapatan yang kuat. Di bagian bawah indeks, perusahaan telekomunikasi Inggris BT Group turun lebih dari 8% setelah hasil kuartalannya.

Sementara itu Vivendi Universal Music Group telah membukukan hasil yang kuat dua bulan sebelum listing yang direncanakan di Amsterdam, mendorong Vivendi ke kenaikan 49% dalam laba inti babak pertama.

Di sisi data, sentimen ekonomi zona Eropa mencatat rekor tertinggi pada Juli, menurut perkiraan dari Komisi Eropa. Namun, tingkat kenaikan bulanan memperlambat optimisme konsumen mundur, berpotensi menandakan puncak yang akan segera terjadi.

Survei bulanan Komisi naik menjadi 119,0 poin pada bulan Juli, tertinggi sejak pengumpulan data dimulai pada tahun 1985 dan naik dari 117,9 pada bulan Juni.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung sentimen bullish laporan pendapatan perusahaan yang positif dan meningkatnya sentimen ekonomi zona Eropa bulan Juli.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here