Rekomendasi GBP/USD 30 Juli 2021: Naik karena Dovishnya Fed & Optimismenya Brexit.

1022

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan di atas 1.3950, di sekitar 1.3961, memperpanjang kenaikannya setelah the Fed kelihatannya enggan untuk mengurangi (taper) pembelian obligasi pemerintah AS. Penundaan oleh Uni Eropa atas tindakan legal mengenai protokol Irlandia Utara mendukung Sterling. Inggris menghapuskan peraturan karantina bagi para traveler AS dan Uni Eropa yang telah divaksinasi secara penuh.

Federal Reserve mengatakan bahwa mereka menunggu lebih banyak data sebelum melakukan pengetatan, dan hal ini telah membawa GBP/USD ke posisi tertinggi dalam sebulan. Sementara the Fed telah menyatakan kepuasan terhadap kemajuan ekonomi AS, dan telah mengadakan debat pertama mengenai waktu dari pengurangan pembelian obligasi, kelihatannya mereka tidak terburu-buru untuk melakukannya.

The Fed mengulangi pandangnnya bahwa naiknya inflasi saat ini bersifat sementara, dan juga memberikan catatan bahwa jutaan orang Amerika masih belum kembali bekerja disebabkan oleh varian covid Delta. The Fed menggelontorkan $120 miliar per bulan untuk membeli obligasi pemerintah AS dan untuk mempertahankan kecepatan ini berarti mendevaluasi matauang AS.

Dolar AS berada pada tren turun yang konsisten, sementara poundsterling terus mengambil keuntungan dari perkembangan yang positip di Inggris. Sementara ada sekitar 27.000 kasus coronavirus per hari, jumlah ini jauh di bawah puncaknya di atas 50.000. Selain itu perkembangan Brexit juga positip bagi Inggris.

AS mempublikasikan perkiraan pendahuluan dari GDP kuartal kedua, yang menunjukkan pertumbuhan tahunan di 6.5%, meleset dari yang diperkirakan di 8.4%. Selain itu, Initials Jobless Claims lebih buruk daripada yang diantisipasikan, tercetak 400.000 pada minggu yang berakhir 23 Juli. Dolar AS berada di bawah tekanan jual lebih lanjut yang membuat pasangan matauang ini memperpanjang kenaikannya ke arah 1.40.

Secara keseluruhan sentimen yang bagus memberikan dukungan naik terhadap pasangan matauang GBP/USD.

“Support” terdekat menunggu di 1.3930 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3900 dan kemudian 1.3845. “Resistance” terdekat menunggu di 1.4000 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4030  dan kemudian 1.4070.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here