Batas Usia Kendaraan yang Dapat Diasuransikan

4199

Untuk meminimalisir kerugian atau kerusakan terhadap mobil kesayangan Anda jika sewaktu-waktu bermasalah, solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengasuransikan kendaraan Anda.  Tetapi perlu diketahui juga banyak perusahaan asuransi yang membatasi usia kendaraan yang boleh diasuransikan.

Anda tidak perlu khawatir atau takut dikelabui, saat ini segala syarat dan ketentuan terkait asuransi kendaraan telah diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).  Batas usia maksimum untuk kendaraan yang dapat diasuransikan dengan jenis penutupan Comprehensive adalah 10 tahun. Sedangkan untuk jenis penutupan Total Lost Only (TLO), batas usia kendaraan maksimum adalah 15 tahun. Kendaraan dengan tahun pembuatan di atas batas tersebut tidak dapat diasuransikan.
Apapun tujuan pembatasan usia kendaraan disebabkan karena semakin tua usia kendaraan maka akan semakin jarang pula sparepart-nya. Pembatasan usia kendaraan berpengaruh pada  premi bruto yang dikenakan atas kendaraan yang diasuransikan. Untuk jenis penutupan Comprehensive, kendaraan berusia di atas 5  tahun akan dikenakan premi tambahan dengan nilai sekurang-kurangnya adalah 5% per tahun berikutnya. Sedangkan kendaraan yang dicover dengan penutupan TLO baru akan dikenakan premi tambahan jika usianya di atas 10 tahun.
Bagaimana dengan mobil kesayangan Anda? Anda berminat untuk mengasuransikan kendaraan Anda, tetapi khawatir dikenakan premi yang mahal? Jadikan ACA sebagai solusi perlindungan kendaraan Anda.  Hubungi 082198207682 untuk kebutuhan asuransi kendaraan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here