Bursa Jepang Awal Agustus Cetak Gain, Ditopang Data PMI dan Laporan Kuartalan

208
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang menguat  mengakhiri perdagangan awal bulan Agustus pada hari Senin (2/8/2021) hingga mengangkat Nikkei dari posisi terendah 7 bulan. Indeks Nikkei mencetak gain harian terbesar dalam 3 pekan setelah sesi sebelumnya catat kerugian harian terbesar dalam 7 pekan.

Sentimen investor terangkat merespon rilis data PMI manufaktur Jepang yang naik pada bulan Juli, di tengah kenaikan lebih cepat dalam output dan pesanan baru sementara lapangan kerja tumbuh selama empat bulan berturut-turut. Indeks PMI manufaktur bulan Juli naik ke 53,00 dari periode sebelumnya di 52,2.

Kekuatan Nikkei juga di-support oleh laporan kuartalan yang optimis dari beberapa perusahaan kapital besar. Sekitar 40% perusahaan Topix telah melaporkan pendapatan mereka, laba operasi tumbuh sekitar 240% dari tahun sebelumnya.  211 perusahaan membukukan kejutan positif, dibandingkan dengan 76 dengan yang merugi.

Berita Nikkei lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks harian Nikkei ditutup naik 459 poin atau 1,7% menjadi 27.742. Demikian untuk indeks Topix naik 2,05% menjadi 1,940,05, penutupan tertinggi sejak 14 Juli. Demikian indeks Nikkei berjangka bulan September 2021 bergerak  positif  dengan menguat 390 poin atau 1,43% ke posisi 27770.

Saham Mitsui OSK melonjak 10,6%, sementara rivalnya Kawasaki Kisen melonjak 9,1% dan Nippon Yusen bertambah 8,5%. Saham pembuat suku cadang mobil Denso melonjak 5,0%, memperpanjang kenaikannya ke sesi kedua setelah melaporkan pendapatan yang kuat. Saham pembuat suku cadang mobil DensoNEC naik 4,0% setelah perusahaan elektronik dan IT tersebut membukukan laba yang mengejutkan pada kuartal April-Juni.

Saham Misumi Group naik 8,8% mencapai rekor tertinggi, setelah perusahaan perdagangan yang berspesialisasi dalam otomatisasi pabrik dan suku cadang mesin melaporkan pendapatan yang hebat.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here