Harga Karet Tocom Awal Agustus Terkoreksi dari Tertinggi 1 Bulan

827

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Tocom di perdagangan bursa komoditas internasional pada perdagangan hari Senin (2/8/2021) alami koreksi oleh profit taking setelah sempat mencapai posisi tertinggi 1 bulan pada awal sesi. Profit taking  karet Tocom dipicu oleh penurunan harga minyak mentah serta turunnya kinerja manufaktur Cina yang mengkhawatirkan permintaan.

Harga minyak mentah sebagai bahan dasar pembuatan karet sintetis anjlok 1% lebih di sesi Asia oleh data PMI manufaktur Cina yang menurun. Penguatan harga Tocom dipicu sebelumnya oleh posisi pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS.

Secara fundamental, sentimen investor di pasar karet berjangka masih positif pasca  laporan Asosiasi Negara-negara produsen Karet Alam (ANRPC) bahwa optimisme pada sektor permintaan telah meningkat di India karena beberapa negara bagian telah mencabut atau melonggarkan pembatasan terkait Covid-19. Sektor otomotif negara itu juga menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini melemah  1,7 poin atau 0,78% ke posisi 217,6 yen per kg,  setelah dibuka pada posisi 219.4 yen.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021  ditutup menguat 80 poin atau 0,61%  ke posisi 13510 yuan, tertinggi sejak 16 Juli. Demikian di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Oktober 2021 ditutup lebih menguat dengan naik US$1,2 atau 0,70% ke  posisi 169,5.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here