Kalbe Farma (KLBF): Kian Optimis, Revisi Target Pertumbuhan Laba Bersih Menjadi 7-10 Persen

221

(Vibiznews – IDX Stocks) – Kinerja PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) yang mantap di semester I-2021 membuat perusahaan kian optimistis memandang tahun 2021. Alhasil, perusahaan farmasi ini pun mengerek target kinerja di tahun ini.

Kalbe Farma merevisi target pertumbuhan penjualan bersih tahun 2021 menjadi sebesar 7%-10% dengan proyeksi pertumbuhan laba bersih sekitar 7%-10%.

Revisi target kinerja di tahun ini dilakukan karena perusahaan melihat kegiatan bisnis yang menyokong perekonomian dalam negeri mulai membaik. Walau ada pengetatan kegiatan di tengah tahun, tetapi KLBF tetap yakin, ekonomi akan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Di sisi lain, proyeksi pertumbuhan kinerja di tahun ini sejalan dengan realisasi kinerja di semester I-2021. Dimana KLBF berhasil mencetak laba bersih pemilik entitas induk mencapai Rp 1,49 triliun hingga Juni 2021 atau naik 7,9% (yoy) dibandingkan Rp 1,38 triliun yang dicatatkan pada periode yang sama tahun 2020.

“Untuk menjaga pertumbuhan penjualan, perusahaan berupaya melakukan inovasi penyediaan layanan dan produk yang lebih terjangkau yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia,” ungkap Manajemen KLBF dalam keterbukaan informasi yang dikutip Vibiznews, Jumat (30/7).

KLBF beradaptasi dengan mengeluarkan produk kesehatan seperti herbal, suplemen, vitamin, dan obat-obatan, produk nutrisi yang harganya lebih terjangkau dan layanan tes, serta diagnostik yang berhubungan dengan pandemi Covid-19.

KLBF juga menggabungkan strategi pengelolaan portofolio produk, mengelola efektivitas kegiatan penjualan dan pemasaran, melakukan transformasi pemanfaatan teknologi digital, serta memonitor biaya-biaya operasional lainnya untuk mempertahankan tingkat laba bersih.

Selain itu, KLBF terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk internal maupun eksternal serta melakukan edukasi kepada pasar melalui berbagai saluran komunikasi. Khususnya didalam menambah kapasitas produksi mesin sebesar 20-30 persen, yang berjalan hampir 24 jam per hari.

Optimisme KLBF untuk tumbuh mendorong perusahaan perusahaan terus konsisten melakukan aktivitas riset dan pengembangan. Melalui sinergi ABGC (akademisi, business, government, dan komunitas), KLBF terus berkolaborasi menghasilkan produk dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat (hilirisasi produk) dan mampu memberikan kontribusi pada performa bisnis perusahaan.

Di lain pihak, perusahaan membuka kerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam bentuk joint-venture, akuisisi, atau bentuk kerja sama bisnis lainnya, demikian tulisan Manajemen KLBF.

Untuk pergerakan saham KLBF sampai dengan siang ini, pukul 14:20 WIB, harga saham KLBF telah melompat sebesar 3.17% atau 45 poin ke harga Rp.1305 per lembar dibandingkan harga penutupannya, di Rp.1260 per lembar.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here