Rekomendasi Mingguan Minyak 2 – 6 Agustus 2021: Bertahan dalam Kenaikan, Siap Mengetes Area $74.

261

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex naik dan di perdagangkan di $73.45

Setelah optimisme yang diberikan oleh Federal Reserve pada minggu lalu, pergerakan naik harga minyak mendapatkan lampu hijau untuk naik lebih lanjut oleh karena pandangan bahwa permintaan atas minyak mentah akan mengatasi masalah supplies meskipun OPEC+ siap menambahkan 400.000 barel per hari ke pasar pada bulan depan.

Harga minyak mentah WTI di bursa Nymex naik dan diperdagangkan di sekitar $73.45 mendekati ketinggian harian di $73.47. Kenaikan harga minyak mentah WTI ini disebabkan adanya gelombang permintaan yang baru dan turunnya inventori minyak AS.

Pengumuman the Fed minggu lalu, dengan cepat diintepretasikan sebagai dovish begitu Powell memberitahukan reporter bahwa AS belum mencapai kemajuan yang substansial lebih lanjut untuk bisa mengejar “tapering”.

Sebelumnya para investor dan trader menunggu untuk melihat apa yang akan dikatakan oleh the Fed. Resiko terbesar bagi EUR/USD adalah pengurangan pembelian assets yang lebih cepat daripada yang diperkirakan pasar.

Namun ternyata keputusan dari FOMC sebagian besar meneguhkan pandangan bahwa the Fed kemungkinan masih jauh dari akan melakukan “tapering” dengan segera.

Sampai saat ini belum ada ketetapan waktu kapan the Fed akan mulai melakukan “tapering”. Bank sentral AS ini mengakui varian baru covid – 19 Delta bisa menjadi problem dan menaikkan resiko terhadap pertumbuhan ekonomi di semester kedua dari tahun ini.

Dolar AS jatuh setelah keputusan dari the Fed ini. Saham-saham mendapatkan kelegaan dan mengalami rally. Harga minyak WTI mendapatkan momentum kenaikan lebih tinggi lagi dengan jatuhnya dollar AS.

Sementara itu, EIA melaporkan bahwa produksi AS turun sebanyak 200.000 barel per hari ke 11.2 juta barel per hari pada minggu lalu.

Di pihak lain, Iran tetap menjadi kartu liar bagi pasar energi. Keprihatinan muncul mengenai kesepakatan nuklir Iran dengan Raisi siap bertugas. Iran bisa menambah minyak mentah lebih dari 1 juta barel per hari dan jika pembicaraan berhasil, rintangan terhadap kesepakatan yang segera dinegosiasikan semakin bisa diawasi. Ini membuat pasar energi berada pada posisi yang kuat dari segi supply.

“Support” terdekat menunggu di $73.12 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $72.25 dan kemudian $69.70. “Resistance” yang terdekat menunggu di $73.40 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.90 dan kemudian $76.40.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here