Bursa Eropa Dominan Naik Mencermati Laporan Pendapatan

557
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa lebih tinggi pada hari Selasa (03/08) dengan pasar mencermati laporan pendapatan, meningkatnya kasus Covid-19 dan kekhawatiran pertumbuhan AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,16%, dengan saham minyak dan gas melonjak 2,6% didukung laporan pendapatan yang kuat dari BP, sementara saham perjalanan dan liburan turun 1,7% karena kekhawatiran Covid-19 terus membebani.

Terpantau indeks FTSE naik 0,22%. Indeks DAX flat. Indeks CAC naik 0,89%.

Pasar utama di Asia-Pasifik sebagian besar lebih rendah pada hari Selasa.

Di Amerika Serikat, saham berjangka lebih tinggi dalam perdagangan premarket setelah kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan memicu aksi jual di Wall Street pada sesi sebelumnya, sementara penyebaran varian delta Covid-19 terus menghambat sentimen.

Selasa menandai hari besar lainnya untuk pendapatan perusahaan di Eropa, dengan BP, Standard Chartered, BMW dan Societe Generale di antara nama-nama besar yang melaporkan.

BP mengalahkan pendapatan kuartal kedua untuk melaporkan laba biaya penggantian yang mendasarinya sebesar $2,8 miliar, sementara meningkatkan dividennya sebesar 4% dan berjanji akan membeli kembali saham senilai $1,4 miliar pada kuartal ketiga. Saham raksasa minyak dan gas itu melonjak 5,6%.

Societe Generale mengalahkan ekspektasi laba untuk melaporkan laba bersih 1,44 miliar euro ($ 1,71 miliar) untuk kuartal kedua, jauh melampaui laba bersih 704 juta euro yang diproyeksikan oleh para analis, menurut Refinitiv. Bank Prancis terutama didukung oleh rebound perbankan ritel domestik. Saham melonjak 7,4% pada perdagangan sore hari.

Stellantis menaikkan target margin laba setahun penuh setelah hasil semester pertama yang kuat, mengirimkan saham yang terdaftar di Milan di pembuat mobil terbesar keempat di dunia, yang dibentuk oleh penggabungan PSA dan Fiat Chrysler, 4% lebih tinggi pada hari Selasa.

Di bagian bawah Stoxx 600, perusahaan teknik Inggris Smiths Group turun 8,2% setelah menyetujui penjualan divisi medisnya senilai $2,3 miliar.

BMW turun 4% setelah memperingatkan bahwa kekurangan semikonduktor global dan harga bahan baku yang tinggi akan membebani pendapatan di semester kedua.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring laporan pendapatan yang baik. Namun perlu dicermati penyebaran varian delta virus corona dan perlambatan manufaktur yang dapat menekan pemulihan ekonomi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here