Rekomendasi Minyak 3 Agustus 2021: Turun karena Data Ekonomi yang Memburuk

231

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex menghentikan tren naiknya selama 3 hari, dan berbalik turun ke $70.69. Semula minyak mentah WTI mendapatkan dukungan dari melemahnya dollar AS namun selanjutnya berjuang ditengah berita-berita mengenai demand dan supply yang bervariasi.

Pemulihan ekonomi Cina menunjukkan tanda – tanda kemungkinan bisa kehabisan tenaga, dengan turunnya kembali PMI manufaktur di negara itu selama bulan Juli. Caixin Manufacturing PMI Cina muncul di 50.3 di bawah dari yang diperkirakan di 51.1 dan lebih rendah dari angka sebelumnya di 51.3.

Demikian juga dengan PMI manufaktur AS yang muncul di 59.5, lebih rendah daripada yang diperkirakan di 60.8 dan lebih kecil dari angka sebelumnya di 60.6.

Turunnya data ekonomi Cina dan AS ini menurunkan ekspektasi akan permintaan minyak mentah sehingga menekan harga minyak WTI turun.

“Support” terdekat menunggu di $70.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.70 dan kemudian $69.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $71.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.50 dan kemudian $72.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here