Bursa Wall Street Kompak Menguat, S&P500 Cetak Rekor Baru

202

(Vibiznews – Indeks) – Terjadi pergerakan harga saham yang meningkat di bursa Amerika  pada perdagangan yang berakhir Rabu dinihari WIB (4/8/2021) setelah sesi sebelumnya sebagian besar terkoreksi. Dari ketiga indeks utama hanya S&P500 yang berhasil menembus posisi rekor yang dicapai pekan lalu.

Indeks Dow Jones naik 278,24 poin atau 0,8 persen menjadi 35.116,40, indeks Nasdaq naik 80,23 poin atau 0,6 persen menjadi 14.761,30 dan indeks S&P 500 naik 35,99 poin atau 0,8 persen menjadi 4.423,15. Penutupan harga lebih tinggi di bursa Wall Street terjadi karena berlanjutnya optimisme tentang prospek ekonomi yang mengabaikan kekhawatiran tentang penyebaran cepat varian delta virus corona.

Dari laporan ekonomi yang dirilis, data pesanan pabrik di AS meningkat 1,5% secara bulanan di bulan Juni, lebih rendah dari  bulan sebelumnya yang naik 2,3% dan mengalahkan perkiraan pasar dari kenaikan 1%.

Namun data ekonomi terakhir telah menunjukkan beberapa tanda-tanda perlambatan pertumbuhan ekonomi AS, sehingga memberikan ketenangan pasar bahwa  Federal Reserve tidak akan mulai mengurangi stimulusnya dalam waktu dekat. Dan ini sudah ditegaskan juga oleh Ketua Fed Jerome Powell yang mengindikasikan bank sentral masih jauh  dari mengubah kebijakan, karena masih ada  beberapa alasan untuk ditutup di sisi pasar tenaga kerja.

Selama ini program pembelian aset The Fed telah membantu menopang pasar saham di tengah pandemi, dengan indeks bursa saham terus mencapai rekor tertinggi meskipun ada gelombang baru infeksi virus corona. Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menunjukkan lonjakan kasus baru virus corona di AS dalam beberapa pekan terakhir, dengan rata-rata pergerakan tujuh hari dari kasus baru mencapai 72.790 Jumat lalu, melampaui puncak yang pernah terjadi tahun lalu.

Berita Wall Street lainnya di Telegram Vibiznews

Secara sektoral, penguatan  dipimpin oleh saham produsen minyak hingga mendorong NYSE Arca Oil Index naik 2,6 persen, di-support oleh rebound harga minyak mentah di bursa internasional. Kekuatan yang signifikan juga terlihat pada saham baja dengan NYSE Arca Steel Index melonjak  2 persen.

Kekuatan lainnya terlihat pada saham perbankan yang menunjukkan rebound  signifikan setelah mendapat tekanan pada awal sesi, sehingga KBW Bank Index naik 1,7 persen setelah jatuh sebanyak 1,3 persen. Selanjutnya disusul oleh saham gas alam, jaringan dan transportasi, bergerak lebih tinggi bersama dengan sebagian besar sektor utama lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here