Kinerja Bisnis Jasa AS Bulan Juli Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

195

(Vibiznews – Economy) – Kinerja bisnis sektor jasa di Amerika Serikat dilaporkan melonjak tinggi pada bulan Juli menurut laporan yang dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM)  pada hari Rabu (4/8/2021). ISM melaporkan indeks  menunjukkan laju ekspansi paling tinggi di sektor jasa sepanjang sejarah.

ISM melaporkan indeks PMI sektor jasa melonjak ke level tertinggi sejak penghitungan di tahun 1997 ke posisi  64,1 pada Juli setelah periode bulan sebelumnya  60,1 pada Juni. Data ini melebihi dari ekspektasi ekonom yang hanya naik tipis ke 60,4. Lonjakan ini dipicu oleh data aktivitas bisnis dan pesanan baru naik pada tingkat yang tajam, karena meningkatnya permintaan setelah pelonggaran pembatasan yang disebabkan oleh virus corona.

Indeks aktivitas bisnis melonjak hingga 67,0 di bulan Juli dari 60,4 di bulan Juni, sedangkan indeks pesanan baru juga naik ke 63,7 di bulan Juli dari 62,1 di bulan Juni, sementara indeks ketenagakerjaan rebound ke 53,8 di bulan Juli dari 49,3 di bulan Juni. Demikian ISM melaporkan indeks pengiriman pemasok melonjak ke 72,0 pada Juli dari 68,5 pada Juni meskipun terdapat kekurangan bahan, inflasi dan logistik terus berdampak negatif terhadap kelangsungan pasokan.

Pada hari Senin lalu, ISM merilis laporan terpisah yang menunjukkan perlambatan tak terduga dalam laju pertumbuhan aktivitas manufaktur AS di bulan Juli. Dimana data PMI manufaktur turun ke 59,5 di Juli dari 60,6 di Juni.  Data ini mengkoreksi rekor yang pernah dicapai pada bulan Maret lalu dengan naik ke posisi 64,7, posisi tertinggi dalam 37 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here