Laporan Kenaikan Tenaga Kerja Swasta AS oleh ADP Mengecewakan

206
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) – Prosesor penggajian di AS yaitu ADP merilis laporan pada hari Rabu (8/4/2021) yang menunjukkan pekerjaan sektor swasta meningkat jauh lebih sedikit dari yang diharapkan di bulan Juli. Turunnya data dari ADP bulan Juli ini bisa berikan sinyal buruk bagi data NFP yang akan dirilis hari Jumat nanti.

ADP melaporkan  pekerjaan sektor swasta hanya naik 330.000 pekerjaan pada Juli setelah melonjak oleh 680.000 pekerjaan  pada periode bulan sebelumnya, bahkan jauh lebih rendah dari ekspektasi kenaikan 695.000 pekerjaan. ADP sendiri beralasan pemulihan pasar tenaga kerja terus menunjukkan kemajuan yang tidak merata, tetapi kemajuan tetap ada.

Dari data ADP hari ini peningkatan lapangan kerja sektor swasta sebagian disebabkan oleh penambahan 139.000 pekerjaan di sektor rekreasi dan perhotelan, meskipun laju pertumbuhan pekerjaan di sektor tersebut telah melambat. Laporan tersebut juga menunjukkan pertumbuhan pekerjaan di sektor perawatan kesehatan dan bantuan sosial, layanan profesional dan bisnis dan perdagangan, transportasi dan utilitas serta sedikit peningkatan dalam pekerjaan manufaktur.

ADP mengatakan pekerjaan di bisnis menengah dan besar masing-masing meningkat 132.000 pekerjaan dan 106.000 pekerjaan, sementara usaha kecil hanya menambahkan 91.000 pekerjaan.

Pada hari Jumat, Departemen Tenaga Kerja dijadwalkan untuk merilis laporan pekerjaan bulanan dalam data NFP yang mencakup pekerjaan sektor publik dan swasta. Data tersebut diperkirakan akan melonjak 880.000 pekerjaan pada bulan Juli setelah melonjak 850.000 pekerjaan pada bulan Juni. Dan tingkat pengangguran diperkirakan turun menjadi 5,7 persen dari 5,9 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here