Rekomendasi Minyak 4 Agustus 2021: Tekanan Turun Terus Mendominasi

266

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex terus tertekan turun dan diperdagangkan di sekitar $70.33.

Minyak mentah WTI mengalami kerugian terbesar dalam dua minggu di tengah keprihatinan ekonomi yang dipengaruhi oleh meningkatnya penyebaran Covid – 19 di dunia melalui varian terbarunya Delta.

Infeksi sedang naik, dengan sekitar 85.000 orang Amerika ditest positip setiap hari, dibandingkan dengan 15.000 pada pertengahan bulan Juni. Penyebaran virus dan buruknya data ekonomi telah membebani sentimen dan mendukung dollar AS yang safe-haven dan menekan harga minyak WTI.

Penurunan harga minyak WTI bertambah dengan para investor sekarang lebih kuatir mengenai sudah berbalik turunnya pertumbuhan daripada naiknya inflasi.

Sumber utama ketakutan datang dari Indeks PMI dari ISM yang dirilis pada hari Senin yang menunjukkan penurunan ke 59 – lebih buruk daripada yang diperkirakan dan di bawah level psikologis yang signifikan 60.

Kekuatiran akan berbalik turunnya pertumbuhan ekonomi global menekan outlook permintaan akan minyak mentah yang memberikan tekanan turun lebih lanjut terhadap harga minyak mentah WTI.

“Support” terdekat menunggu di $69.75 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $68.34 dan kemudian $66.45. “Resistance” yang terdekat menunggu di $71.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.50 dan kemudian $72.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here