Rekomendasi GBP/USD 6 Agustus 2021: Bertahan di Atas 1.39 Setelah “Super Thursday” BoE

634
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Forex) GBP/USD bertahan di atas 1.39 di sekitar 1.13930, setelah sebelumnya sempat jatuh sebagai respon awal dari keputusan “Super Thursday” BoE.

Bank sentral Inggris ini tetap mempertahankan kebijakannya tidak berubah dan hanya satu anggota yang memberikan suara untuk mengurangi pembelian obligasi.

Bank sentral mana yang akan lebih dulu melakukan pengetatan kebijakan moneter?

Menurut Clarida, pejabat the Fed, bank sentral AS ini sudah mendekati “tapering” di dalam skema pembelian obligasinya, pergerakan yang bisa terjadi pada tahun ini. Pernyataan dari Clarida ini diikuti oleh Daly yang biasanya dovish.

Pernyataan dari pejabat the Fed dimana bank sentral AS akan mulai mengurangi pencetakan dollar atau paling tidak mengumumkan akan melakukannya, pada tahun ini, telah memberikan dukungan terhadap dollar AS.

Sementara di Inggris, anggota dari MPC Michael Saunders memberikan suara untuk mengurangi pembelian obligasi BoE senilai £895 miliar tanpa dukungan dari yang lain. Dalam hal ini, Sterling masih memiliki ruang untuk jatuh. Namun, jika dia diikuti oleh Dave Ramsden atau anggota MPC yang lain, Sterling bisa naik karena pengetatan akan datang lebih cepat.

Inflasi Inggris menyentuh 2.5% pada bulan Juni, melampai target dari pada BoE, sementara pengangguran masih tetap rendah. Meskipun, skema cuti pemerintah akan berakhir pada bulan depan.

Secara keseluruhan, pertempuran antara para bank sentral adalah kritikal untuk pergerakan selanjutnya.

“Support” terdekat menunggu di 1.3870 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3850 dan kemudian 1.3760. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3947 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3980 dan kemudian 1.4030.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here