Bursa Eropa Turun Menantikan Pernyataan Powel di Simposium Jackson Hole

604
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa sebagian besar turun pada hari Jumat (27/08) karena kehati-hatian menjelang pernyataan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada simposium tahunan Jackson Hole.

Indeks Stoxx 600 Eropa bergerak datar, dengan sumber daya dasar naik 0,8% sementara saham perjalanan turun 0,6%.

Terpantau indeks FTSE turun -0,17%. Indeks DAX melemah -0,09%. Indeks CAC turun -0,21%.

Indeks blue chip Eropa memulai sesi Jumat secara kasar tidak berubah dari awal minggu ini, dengan pasar dalam keadaan datar menjelang pertemuan Jackson Hole.

Pasar di Asia-Pasifik juga bervariasi pada hari Jumat, sementara saham berjangka AS sedikit lebih tinggi setelah indeks utama Wall Street menghentikan kenaikan beruntun beberapa hari pada hari Kamis.

Investor di seluruh dunia akan mencermati pidato Powell untuk perincian tentang bagaimana dan kapan bank sentral mungkin akan mengurangi langkah-langkah stimulus moneternya.

Perkembangan di Afghanistan juga di radar, setelah Pentagon mengkonfirmasi pada hari Kamis bahwa ledakan di dekat Bandara Internasional Hamid Karzai di Afghanistan menewaskan 13 anggota layanan AS dan melukai 18.

Di sisi data ekonomi, kepercayaan konsumen Prancis mundur sedikit pada bulan Agustus, badan statistik resmi INSEE mengatakan pada hari Jumat. Indeks kepercayaan konsumen bulanan turun ke 99 dari 100 di bulan Juli.

Saham Just Eat Takeaway turun 4,6% pada pagi hari ke dasar Stoxx 600, setelah Dewan Kota New York meloloskan komisi pembatasan tagihan yang dibebankan ke restoran oleh aplikasi pengiriman.

Di bagian atas indeks, Siegfried Swiss menambahkan 2,6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah dengan kehati-hatian menantikan hasil pernyataan ketua The Fed Jerome Powell dalam Simposium Jackson Hole.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here