PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) Akan Tambah Modal Melalui Right Issue

735

(Vibiznews – IDX) PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) hari ini (27/8/2021) menggelar RUPS Tahunan dan Luar Biasa serta Paparan Publik tahun 2021. Dalam sesi Paparan Publik, manajemen perseroan menjelaskan keyakinan dan optimistisnya terhadap industri pariwisata yang akan segera mengalami pemulihan. Hal ini terlihat dari membaiknya situasi dari negara-negara yang menjadi pasar inbound, serta siapnya destinasi-destinasi utama yang biasa Perseroan jual sebagai paket wisata. Perbaikan tersebut antara lain travel restriction yang mulai perlahan dilonggarkan, border restriction yang dibuka, mobilitas yang berangsur normal, serta progress vaksinasi yang cepat diberagam negara dunia termasuk Indonesia.

Di tahun 2019 lalu, PANR melayani  sekitar 6,7 juta pengguna jasa domestik dan international baik pelanggan ritel dan korporasi di dalam jaringan ekosistem perseroan. Pertumbuhan pengguna jasa perseroan saat pandemic turun menjadi hanya 2,4 juta di tahun 2020 dan turun lagi ke level 1,4 juta hingga semester I/2021. Banyaknya pembatasan mobilitas merupakan faktor penekan kinerja perseroan.

Angreta Chandra, Direktur Keuangan Perseroan menyatakan bahwa Panorama telah melakukan langkah-langkah strategis seperti melakukan right sizing, optimalisasi biaya operasional, merestrukturisasi hutang, perencanaan divestasi atas asset dan potfolio binis yang kurang produktif agar dapat bertahan dari Pandemi. Perseroan berharap bisnis mulai pulih kembali di tahun 2022 dengan proyeksi mendapatkan keuntungan secara EBITDA.

Perseroan saat ini juga melakukan percepatan pengembangan distribution channel dan perluasan pasar melalui digital travel. Implementasi smart dan efficient working environment juga dilakukan agar Perseroan dapat lebih tangkas menangkap peluang dan ramping.

Untuk menunjang  pengembangan bisnis perseroan, management telah mendapat persetujuan RUPS untuk melakukan penambahan modal melalui HMETD yang waktunya akan ditentukan pada saat yang tepat dalam waktu 12 bulan setelah persetujuan RUPS ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here