Bursa Eropa Bergerak Mixed Mencerna Keputusan Kebijakan ECB

722
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergreak hati-hati pada hari Jumat, mengikuti pergerakan bursa global.

Indeks Stoxx 600 Eropa bergerak datar, tetapi masih di jalur untuk mengakhiri minggu di zona merah. Sumber daya dasar naik 1,3% sementara telekomunikasi turun 0,9%.

Terpantau indeks FTSE naik 0,11%. Indeks DAX dan CAC bergerak datar.

Saham di Asia-Pasifik naik pada hari Jumat karena saham yang terdaftar di Hong Kong yang terpengaruh oleh tindakan keras peraturan China bangkit kembali, setelah potensi tindakan lebih lanjut dari Beijing terhadap perusahaan game terungkap tidak sekeras yang pertama kali dilaporkan.

Di Amerika Serikat, indeks saham berjangka lebih tinggi dalam perdagangan premarket pada hari Jumat setelah Wall Street mencatat kerugian hari keempat berturut-turut pada hari Kamis.

Angka klaim pengangguran mingguan pada hari Kamis menunjukkan bahwa pemulihan pasar tenaga kerja AS tetap di jalurnya, karena jumlah pengajuan pengangguran awal pekan lalu turun menjadi 310.000, terendah selama hampir 18 bulan.

Investor Eropa terus mencerna keputusan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis untuk memperlambat pembelian obligasi di bawah program pembelian darurat pandemi (PEPP) dalam menanggapi inflasi yang lebih tinggi dan pertumbuhan PDB yang lebih kuat di seluruh zona euro. ECB juga sedikit merevisi perkiraan inflasi jangka menengahnya.

Dalam berita lain, menteri keuangan dari negara-negara besar Kelompok Tujuh (G-7) mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka perlu membuat lebih banyak kemajuan teknis pada rencana reformasi pajak perusahaan global.

Pada hari Jumat, menteri keuangan zona euro akan bertemu di Ljubljana, Slovenia, untuk pembicaraan informal.

Di sisi data, ekonomi Inggris naik hanya 0,1% pada bulan Juli, statistik resmi menunjukkan pada hari Jumat, karena penyebaran varian delta Covid-19 memperlambat aktivitas ekonomi menjadi sedikit setelah pelonggaran tindakan penguncian.

Indeks harga konsumen (CPI) terakhir Jerman yang diselaraskan tumbuh 0,1% bulan ke bulan di bulan Agustus, menandai kenaikan tahunan 3,4%.

Dalam hal pergerakan harga saham individu pada hari Jumat, perusahaan IT Prancis Atos naik 4,7% pada sore hari untuk memimpin Stoxx 600.

Di bagian bawah indeks, perusahaan minyak Prancis Rubis turun 6,2% setelah masalah di kawasan Karibia membebani pendapatan semester pertama yang membaik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika positif akan menguatkan bursa Eropa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here