Apa Upaya BTPN Sehingga Jenius Tetap Eksis sebagai Bank Digital

270

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Saat ini sedang marak bank digital dalam industri perbankan, hal ini terjadi karena memang dalam masa pandemi seperti ini di mana mobilitas orang juga dibatasi maka transaksi dengan menggunakan bank digital jadi makin diminati. Namun jauh-jauh hari, sejumlah bank besar telah memiliki layanan digital yang fungsinya hampir mirip dengan yang ditawarkan bank digital. PT Bank BTPN Tbk misalnya, telah mengenalkan Jenius sebagai layanan digital banking sejak 5 tahun lalu.

Apa strategi BTPN agar Jenius tetap eksis?

Manajemen BTPN telah menyiapkan berbagai strategi agar Jenius tetap eksis digunakan oleh nasabah saat gempuran bank digital terjadi. Saat melaksanakan Public Expose BTPN di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (14/9), manajemen BTPN melaporkan ada empat strategi untuk Jenius:

Pertama, model bisnis yang kuat menuju profitability
Kedua, terus menambah fitur dan layanan produk di dalam Jenius
Ketiga, digitalisasi pada Jenius, sehingga Jenius tidak hanya sekedar menjadi tabungan atau untuk bertransaksi tetapi menjadi super apps platform dimana semua kebutuhan nasabah bisa terpenuhi.
Keempat, BTPN akan membawa Jenius ikut partisipasi di dalam ekosistem market place.

“BTPN memiliki 2 infrastruktur IT yang menunjang tradisional IT dan yang menunjang agile IT, yang keduanya berjalan bersama-sama dan BTPN juga selalu mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Kami selalu siap mengembangkan infrastruktur tersebut,” demikian penjelasan dari BTPN.

Terkait pengembangan fitur Jenius, BTPN telah memperkenalkan Jenius generasi baru pada Agustus lalu. Manajemen BTPN menyebut, fase pertama BTPN mengubah atau memperbaiki fitur interaksi kepada nasabah dengan harapan dapat memperbaiki performance Jenius ke depannya.

Selain itu, BTPN juga sedang mengembangkan infrastruktur Jenius dengan melakukan kerjasama dengan suatu konsultan. Langkah ini bertujuan agar dapat terus melakukan inovasi terhadap infrastruktur kedepannya, khususnya terkait keamanan pada Jenius.

“Terakhir, Jenius memiliki platform yang disebut co creation, sebagai wadah untuk mengembangkan ide, inspirasi dan kreativitas yang sangat berguna bagi perkembangan fitur di Jenius, dimana dalam platform tersebut melibatkan nasabah-nasabah kami yang kurang lebih sudah 20.000 orang,” imbuh BTPN.

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here