Rekomendasi EUR/USD 15 September 2021: Naik dengan Melesetnya CPI Inti.

1110

(Vibiznews – Forex) EUR/USD naik dengan cepat dari 1.18 ke 1.1820 setelah CPI inti AS meleset dari yang diperkirakan secara signifikan dengan angka 4% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan di 4.2%.

Inflasi inti AS turun di bulan Agustus. Ini adalah kemenangan bagi mereka yang mengatakan bahwa kenaikan harga hanyalah akibat dari pembukaan kembali ekonomi AS dengan cepat. Waktu dari Federal Reserve untuk melakukan “tapering” atas skema pembelian obligasi jadi terdorong semakin jauh atau semakin lama. Hal ini berarti juga semakin banyak dollar AS yang dicetak alias semakin turun indeks dollar AS.

Core CPI hanya naik 0.1% pada bulan lalu, angka terendah sejak bulan Februari. Secara basis tahunan, inflasi hanya naik 0.4% dibandingkan dengan yang diperkirakan 4.2%. Dengan demikian kepala the Fed Jerome Powell tidak berada di bawah tekanan untuk bertindak, khususnya laporan CPI ini muncul di tengah laporan pekerjaan yang lemah.

Benua Eropa sudah diuntungkan dalam hal situasi Covid 19 yang lebih baik. ECB mengumumkan “tapering” versi mereka pada minggu lalu.

Secara keseluruhan, masih ada ruang untuk kenaikan jangka pendek.

“Support” terdekat menunggu di 1.1780 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1740 dan kemudian 1.1725. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1850 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1885 dan kemudian 1.1910.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here